Canon IP1980 Error 5201

Diposting pada

Cara mengatasi printer canon IP1980 yang macet, tidak bisa di pake nge-print dan muncul error 5201. Posting kali say buat karena kemarin baru mengatasi error yang satu ini.
Cara mengatasinya adalah :
1. Pastikan cartridge warna dalam kondisi normal, anda bisa mencobanya menggunakan printer lain untuk mencobanya, ato coba cartridge warna anda ganti dengan yang lain, yang kondisinya normal, jika ternyata cartridge warna dalam kondisi normal maka lanjutkan ke langkah 2.
2. Lepas semua cartridge kemudian nyalakan printer, dan anda akan melihat printer blinking, hitung jumlah blinkingnya, diamkan dan perhatikan.
3. Setelah printer diam ( dan nge-blink ) maka kira2 1 menit lagi printer akan bergerak lagi ke arah kanan kemudian diam, nah saat diam kedua ini hitung lagi blinkingnya, jika sama dengan yang awal,maka check kondisi semua cartridge, kemungkinan salah satu cartridge ada yang tidak beres, coba untuk di reset dulu, di google buanyak cara reset IP1980. Namun jika jumlah blinkingnya jadi berubah, orange – green bergantian ( sebanyak 8 kali ) maka bisa dipastikan carriage atau home cartridge minta diganti. Update 19 juli 2013. Error 5201 memang misterius, ada yang dengan membersihkan pin-pin katrid masalah teratasi, ada yang dengan mengganti katrid hitam teratasi juga. Nah, barusan, sekedar informasi, saya memperbaiki IP1980 dengan error 5201 dengan melepas cleaner unit, dibersihkan dengan mengguyur air sampek putih semua, di keringkan dibawah terik mentari. Eh ternyata error5201 teratasi juga. Monggo, silahkan dipilih trik mana yang akan di pakek. Selamat mencoba, jika tetap ada masalah sialahkan tulis di area komentar.

2 thoughts on “Canon IP1980 Error 5201

  1. Printerku Canon Mp 1980 Udah 4 Tahun Aku pakai..dan kali ini muncul pesan Error 5201, mungkin catridgenya dah ketuaan..dengan berbagai perjuangan dan tak menghsilkan malah tangan belepotan dengan Tinta..ahirnya aku ganti deh dengan Catridge yang baru, dan Masalahpun selesai…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *