CPU Battery Cmos tidak mau nyimpan

Diposting pada

Setiap kali komputer dinyalakan pasti setting tanggalnya kembali ke tahun jadul, ini membuktikan bahwa battery cmos tidak berfungsi, atau mati. Nah untuk memastikan hal ini kita membutuhkan battery cmos yang kondisinya normal. Langkah yang harus dilakukan adalah sebagai berikut :
1. Matikan CPU
2. Lepas battery CMOS, ganti dengan yang normal
3. Nyalakan kembali komputer dan langsung masuk bios dengan menekan berkali tombol delete atau F2 atau F10 ( sesuai jenis motherboard-nya ), setelah masuk bios setting tanggal sesuai tanggal sekarang.
4. Simpan settingan bios dengan menekan tombol F10 kemudian OK, restart komputer dan biarkan masuk system.
5. Kemudian matikan komputer dan cabut sumber listrik. tunggu kira-kira 2 – 10 menit kemudian nyalakan kembali komputer.
6. Langsung masuk bios dan cek kembali tanggal, jika tetap sesuai settingan kita tadi maka komdisi komputer sudah normal. Berarti battery cmos minta ganti. Namun jika tanggal kembali jadul, maka berarti cmos tidak ndetek, lanjutkan ke langkah berikutnya
7. Bungkar cpu dan ambil motherboard, lepas memory ( RAM ) dan processor, kemudian jemur di bawah terik matahari sampai motherboard terasa panas ( kira-kira 1 jam ), kemudian tes kembali. Jika tidak ada perubahan maka lanjutkan ke step berikut.
8. Telusuri jalur + battery cmos, bisa menggunakan AVO meter atau visual. cari kompenen resistor yang menghubungkan battery menuju ic bios, jika tidak normal ganti dengan yang normal, pastikan tidak ada jalur yang putus.
9. Jika langkah 8 terlalu sulit dilakukan, maka sebagai aksi coba-coba gunakan blower!!!! blower bagian bawah motherboard tepatnya di bagian bawah battery cmos, di bawah ic chipset dan ic bios. Langkah ini yang sering saya lakukan dan 90% berhasil.

One thought on “CPU Battery Cmos tidak mau nyimpan

  1. Om tolong om, laptop ku rusak. Bisa nyala laptop nya jika di copot pasang baterai CMOS kemudian beberapa menit mati lagi. Ya begitulah mau nyala masuk bios harus copot pasang baterai CMOS nya dan mati lagi.
    komponen yg bermasalah kira kira apa? Terimakasih jika dibalas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *