Komputer tiba-tiba mati

Diposting pada

Ilmu komputer yang satu ini adalah cara memperbaiki komputer yang di pakai dan tiba-tiba mati sendiri. Biasanya kasus ini terjadi jika komputer di gunakan dalam waktu agak lama, kira-kira 30 menitan, dan tiba-tiba saja komputer mati sendiri. Berdasarkan pengalaman hal ini terjadi karena processor overheat atau suhunya terlalu tinggi sehingga saat mencapai batas maksimum komputer mati dengan sendirinya.
Silahkan di check pendingin processornya ( heatsink ) dengan mengikuti langkah-langkah sebagai berikut :
1. Cek kipas pendingin processor, jika tidak berputar berarti mati, ganti dengan yang baru, jika berputar tapi lembat atau kadang muter kadang enggak, maka lepas kipasnya dan bersihkan asnya, biasnya kena debu dan macet, anda bisa menggunakan cc cleaner dan semprotkan pada as kipas yang di tutupi dengan label kipas. Buka labelnya dan semprotkan cc cleaner kemudian pasang kembali
2. Jika kipas dalam kondisi normal, maka cek sirip pendingin processor, jika kotor bersihkan, jika dalam kondisi bersih maka lepas semua pendingin processor, lihat bagian bawah pendingin yang menempel pada processor, pastikan tidak ada pasta yang kering atau menggumpal  dan keras yang menyebabkan tidak menempel pada processor dengan sempurna, jika demikian maka bersihkan menggunakan silet sampai rata kemudian beri pasta baru dan pasang kembali.
3. Jika pendingin processor dalam kondisi baik berarti processor sudah sekarat, ganti dengan yang baru.
Untuk memastikan temperature processor anda bisa masuk bios dengan menekan tombol delete atau F2 atau F10 atau tombol yang lain sesuai type motherboard sesaat setelah komputer dinyalakan ( saat tampilan pertama muncul di layar monitor, maka akan muncul tampilan warna biru ( BIOS ). Nah kemudian cari hardware monitor atau option sejenis, maka disana ditamilkan status dari PC anda, temperature, voltage source dll. Lihat CPU temperature Perhatikan, jika nilainya naik terus perlahan-lahan maka berarti suhu processor tidak bagus. Untuk suhu normal yang penting tidak lebih dari 50 drajat celcius, dan tidak naik terus menerus.
Selamat mencoba, jika komputer masih error, silahkan tulis di area komentar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *