Test Power supply CPU tanpa CPU

Diposting pada

power supply jumper

Cara mengecek power supply CPU tanpa menggunakan CPU adalah dengan menghubungsingkatkan kabel warna hijau ke kabel warna hitam ( yang penting hitam ), Gunakan kabel atau timah/tenol untuk menghubungkan antara kable hijau dengan kabel hitam, kemudian setelah selesai hubungkan power supply menuju sumber listrik, jika kipas nyala maka power supply normal, jika kipas mati maka power supply rusak, biasanya ada komponen yang mita ganti. Untuk memastikan daya power supply normal maka cek tegangan yang keluar menggunakan AVO meter pada selektor DC Voltage, pasatika tegangan yang keluar pada kabel merah 5V dan pada kabel kuning 12V dan tida goyang, gunakan AVO meter digital untuk hasil lebih akurat. Jika power supply kita cek menggunakan cara ini normal namun saat dihubungkan denga CPU tidak ngangkat, maka biasanya terdapat elco yang melembung atau kering. Jika hal ini terjadi bungkar power supply dan cari elco yang melembung dan ganti dengan yang normal, pastikan nilainya sama. Jika tidak ada elco yang elembung, maka cari elco yang kering. Cara nge-cek elco dengan menggunakan AVO meter adalah
 1. Selektor AVO pada ohm meter dan pilih 10x agar mudah mendeteksi
2. Hubungkan probe warna merah pada salah satu kaki elco, dan warna hitam pada kaki yang lain, maka elco yg normal akan bergerak menuju nilai tertentu kemudian bergerak kembali kearah nol pelan-pelan ( sesuai pilihan selektor AVO kita ).
3. Setalah kembali ke nol belik probe AVO meter, maka AVO akan bergerak seperti langkah 2 kemudian kembali ke nol. Jika kembali namun tidak sampai nol maka elco dalam kondisi setengah mati, lebih baik diganti dengan yang normal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *