LCD Monitor mati total

Diposting pada

Posting kali ini adalah tentant cara memperbaiki LCD monitor yang mati total, maksudnya adalah saat tombol power di tekan lampu led tidak menyala dan lcd gelap.
Kemungkinan – kemungkinan yang mengakibatkan kondisi seperti ini adalah :
1. Tombol power rusak dan tidak berfungsi
2. Kabel power putus sehingga sumber arus listrik tidak sampai pada LCD
3. Power supply mati sehingga mainboard LCD tidak mendapatkan sumber arus listrik
Nah untuk memastikan semua kemungkinan-kemungkinan tersebut kita perlu melakukan beberapa langkah cek. Untuk melakukannya kita membutuhkan peralatan-peralatan dasar repair elektronik yaitu : Obeng, AVO meter, Solder beserta timahnya.
Kemudian lakukan langkah-langkah cek mulai dari kemungkinan kerusakan yang paling ringan, sebagai berikut :
1. Cek kabel power listrik menggunakan AVO meter, saya yakin semua teknisi bisa melakukannya, jika kabel putus ganti dengan yang baru, jika kabel normal lanjutkan ke langkah berikut
2. Bungkar LCD monitor menggunakan obeng denga hati-hati agar tidak lecet.
3. Cek tombol power menggunakan AVO meter, saat tombol di tekan pastikan AVO meter bergerak ( selektor AVO meter posisikan pada OHM meter ), jika tombol rusak ganti dengan yang normal, jika normal teruskan ke langkah berikut.
4. Lakukan denga hati-hati, cari board power supply dan lepaskan kabel yang menghubungkan power supply menuju mainboard kemudian beri sumber arus listrik pada power supply dengan menancapkan kabel power listrik.
5. Kemudian cek tegangan 220V pada board power supply ( bagian input ), jika tegangan normal lanjutkan ke langkah berikut
6. Cek tegangan pada ELCO besar pada power supply ( selektor AVO meter pada DC 250 V ), jika tegangan tidak ada maka cek semua deoda yang berada sebelum ELCO, jika ada yang rusak ganti dengan yang normal, jika tidak ada yang rusak cek sekring ( fuse ) yang berada sebelum ELCO, jika sekring putus ganti dengan yang normal. Jika tegangan pada elco normal maka lanjutkan ke langkah berikut.
7. Pada board power supplt terdapat IC power supply, posisinya adalah setelah ELCO besar dan deoda utama, Lepas IC dan pastikan tidak ada kaki-kaki yang short ( cek dengan AVO meter pada selektor OHM meter ), tanda short adalah jarum OHM meter mentok bolak balik. Jika IC normal pasang kembali dan lanjutkan ke langkah berikut.
8. Cek jalur tombol power pada board power supply, ujung jalur ini adalah sebuat transistor kecil, nah biasanya transistor kecil ini mati, gamti dengan yang baru. Jika ternyata transistor normal namun LCD tetap mati total, maka cari komponen dengan simbol D ( deoda ), dan cek semuanya, jika ada yang mati ganti dengan yang normal.
Setelah langkah diata selesai tes power supply dengan menekan tombol power kemudian cek tegangan output power supply ( yang terhubung dengan main board LCD ) menggunakan AVO meter pada selektor DC voltage 50 V. Jika tegangan sudah keluar berarti power supply sudah bagus.
Bersambung, semoga bermanfaat

One thought on “LCD Monitor mati total

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *