Komputer keyboard tidak ndetek

Diposting pada

Posting kali ini akan membahas tentang cara memperbaiki komputer yang keyboardnya tidak berfungsi karena tidak ndetek. Untuk memastikan bahwa keyboard tidak terdeteksi adal;ah dengan mencoba masuk bios sesaat setelah komputer dinyalakan. Tekan tombol power computer dan segera tekan tombol delete atau F2 atau F10, tergantung jenis komputernya, jika berhasil masuk BIOS berarti kerusakan bukan pada keyboard melainkan pada system-nya ( Windows-nya ). Namun jika tidak berhasil masuk BIOS berarti keyboard rusak atau tidak terdeteksi.
Untuk memastikan kerusakan pada komputer atau keyboard tentunya kita bisa mencoba keyboard pada komputer lain atau mencoba keyboard lain yang normal. Nah jika kesimpulan sudah didapatkan, dan ternyata keyboard anda dalam kondisi normal, maka kita harus melakukan beberapa perbaikan pada motherboard.
Untuk melakukan perbaikan ini kita perlu beberapa peralatan :
1. AVO meter
2. Solder dan Blower
3. Obeng dan perlengkapannya
4. Kuas atau sikat gigi untuk bersih2
Let’s begin…
1. Bungkar casing CPU anda
2. Lepas baut pada motherboard dan angkat motherboard setelah melepas semua kabel tentunya.
3. Siapkan 4 mata, hehe, melotot maksudnya…
4. Turutlah jalur keyboard mulai dari soket keyboard menuju Chipset, jika melewati komponen kecil maka cek menggunakan AVO meter apakah kompunen tersebut normal. Biasanya melewati Resistor kecil.

Untuk menge-cek resistor ini adalah dengan menempelkan probe AVO meter pada kedua kaki resistor, dan jarum AVO meter harus bergerak tapi tidak mentok ke kanan atau jika menggunakan AVO meter digital maka menunjukkan nilai tertentu tapi tidak 0. Selektor AVO pada Ohm meter. Nah kemudian lanjutkan penelusuran dan setelah ujung jalur ( pada atau mendekati chipset ) ditemukan, maka gunakan AVO meter untuk memastikan tidak ada jalur yang putus, syaa yakin temen2 tahu gimana cara.nya. Jika jalur putus, maka gunakan jumper sebuah kabel kecil untuk menghubungkannya, namun juka jalur normal maka lanjutkan ke langkah berikutnya.

5. Lakukan pem-bloweran pada Lokasi Chipset pada sebelah bawah ( di bawah motherboard tepat di bawah chipset ). Blower selurus area chipset perlahan-lahan dengna tujuan untuk menyatukan solderan jalur ujung keyboard yang berhubungan langsung dengna chipset. Setelah selesai tunggu dingin dan coba untuk menyalakan komputer anda dan insyaAllah berhasil

Langkah diatas sering saya lakukan dan hasiln ya 95% berhasil.
Selamat mencoba semoga berhasil

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *