Tips Membeli Komputer Bekas

Diposting pada
tips membeli komputer bekas

Hati-hati saat anda membeli komputer bekas, ada beberapa hal yang harus kita cek agar kita mendapatkan komputer bekas tapi kwalitasnya joss.
Komputer bekas masih banyak yang meminati di Indonesia, selain harganya murah banyak dari kita berfikir kalo bekas aja awet kenapa harus beli baru. Namun tidak jarang yang kecewa dengan koputer bekas yang mereka beli, hal ini terjadi karena kita tidak teliti dalam melakukan penge-cekan terhadap komputer bekas yang akan kita beli. Atau sebagian dari kita memang tidak mengerti bagaimana dan apa yang harus di cek. Kita lebih memilih untuk percaya dengna apa yang penjual katakan, ini yang kadang dimanfaatkan oleh penjual yang tidak bertanggung jawab.
Berikut ini beberapa hal yang perlu kita cek sebelum kita mengangkat komputer pulang ke rumah atau kantor.
1. Cek temperature prosesor. Caranya adalah melaui BIOS, kemudian cari Hardware Monitor atau menu yang sejenis, Di sana kita bisa melihat status temperatur prosesor dan motherboard. Kondisi yang kita inginkan adalah temperatur CPU atau prosesor tidak merangkak naik terus menerus dan tidak lebih dari 50 derajat celcius. Jika temperature merangkak naik terus menerus maka kembalikan dan tanyakan pada penjualnya kenapa kok temperaturenya naik terus, lebih baik minta ganti motherboardnya atau ganti dengan komputer yang lain. Lakukan ini segera setelah komputer ada ditangan anda, jangan sampek nunggu garansinya habis karena tidak mungkin bisa dikembalikan.
2. Pastikan hard disk tidak berbunyi kasar, caranya adalah buka applikasi yang agak besar, misalnya Corel atau photoshop atau applikasi yang lain, dan dengarkan suara hard disk saat applikasi loading, jika terdengar suara kasar mendingan di tanyakan pada penjualnya.
3. Test semua colokan USB dan pastikan semua berfungsi dengan baik dan tidak ada yang unrecognized
4. Pastikan tidak ada titik cacat pada LCD monitor, Caranya buka gambar blok hitam dan perhatikan layar LCD, jika ada titik mengkilap kecil maka titik ini adalah cacat, tanyakan pada penjual dan mintalah LCD yang tidak cacat.

Hal-hal diatas adalah penting untuk diperhatikan, sedang kondisi yang lain adalah kondisi umum yang kita semua tahu apa yang harus dilakukan seperti test audio, CDroom, Lan card dan lain-lain.
Semoga posting ini bermanfaat buat anda yang mau membeli komputer bekas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *