Fungsi Mainboard Komputer

Posted on

Sebagaimana kita telah tahu isi daripada sebuah komputer, salahsatunya adalah mainboard atau lebih dikenal dengan motherboard. Isi sebuah komputer yang lain adalah :

  1. Mainboard atau motherboard
  2. Hard disk
  3. CD / DVD room
  4. Power supply
  5. RAM ( memory )
  6. VGA card, sebagian tidak menggunakan karena dilengkapi dengan VGA onboard
  7. Lan card, sebagian tidak menggunakan karena dilengkapi dengan Lan onboard

Untuk beberapa jenis komputer menggunakan tambahan-tambahan komponen yang lain namun komponen utama dari sebuah personal komputer adalah sebagaimana tersebut diatas.
Nah dalam posting ini kita akan membahas fungsi dari mainboard atau motherboard sebuah komputer. Gambar contoh sebuah motherboard bisa dilihat dibawah ini.
Fungsi Mainboard Komputer
Motherboard adalah komponen utama dalam sebuah komputer dimana prosesor, ram, hard disk, cd/dvdroom, dan semua komponen I/O harus terhubung secara langsung ke motherboard. Sekarang kita tahu bahwa motherboard adalah seperti gambar diatas dan semua komponen komputer harus terhubung secara langsung ke motherboard. Jadi, motherboard berdiri sebagai media agar semua komponen penggerak komputer bekerja.
Motherboard bekerja sebagai controller pembagi tegangan dan sekaligus yang mendistribusikan ke seluruh port dan konektor atau devices input seperti hardisk dan DVD room.
Motherboard bekerja sebagai holder dari processor dan RAM.
Semua unit pengatur audio dan video ada di bagian motherboard. Komponen video yaitu chipset VGA tertancap di bagian tengah motherbaord, komponen audio ( sound ) juga ada di motherboard.
Semua card expansion juga bisa ditancapkan di slot yang ada di motherboard.
Kalau kita buka kesing sebuah komputer maka motherboard akan langsung terlihat hampir memenuhi ruang kesing. Karena hampir semua media dihubungkan ke komponen ini melalui kabel atau bahkan tertancap langsung seperti RAM dan Processor.
Untuk membahas lebih lanjut tentang bagian-bagian motherboard kami akan share di posting mendatang. Semoga bermanfaat untuk menambah pengetahuan kita tentang inside sebuah komputer.

Video : Pasang Kapasitor Laptop boleh dibalik tidak?, silahkan simak jawabannya dan jangan lupa subscribe yha, terimakasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *