Laptop bunyi tit panjang


Kali ini kita akan share tentang cara memperbaiki laptop atau netbook yang selalu keluar bunyi tiiiiittttt panjang saat booting awal atau saat baru dinyalakan. Perlu diketahui bahwa penyebab bunyi ini adalah adanya aktivitas yang tidak diizinkan pada keyboard, singkat kata ada tombol keyboard yang mencet sendiri.
Aktifitas yang tidak diizinkan pada keyboard ini bisa disebabkan karena memang ada salah satu tombol keyboard yang rusak sehingga mencet dengan sendirinya atau ada jalur di dalam lapisan keyboard yang bersentuhan dengan yang lain dan tidak bisa terlepas sehingga menyebabkan aktifnya salah satu atau lebih tombol keyboard. Biasanya bunyi ini hilang jika kita memetik terus menerus pada sembarang tombol pada keyboard kemudian proses booting bisa berlanjut.
Nah, untuk mengetahui sumber kerusakan pada kasus ini kita perlu unutk melakukan beberapa pekerjaan sederhana, tapi butuh ketelatenan. Ikuti langkah-langkah berikut.
1. Lakukan test sederhana. Silahkan laptopnya dinyalakan kemudian saat bunyi tit muncul silahkan petik tombol Esc atau tombol yang lain berkali-kali, jika berhasil maka proses booting akan berlanjut dan ini membuktikan bahwa ada jalur di dalam keyboard yang bermasalah.
2. Shutdown laptop anda, kemudian lepas keyboard dengan hati-hati. Untuk melepas keyboard caranya tergantung jenis laptopnya, ada beberapa pengunci pada tepi atas atau bawah keyboard, silahkan di cek sendiri. Setelah semua pengunci atau baut jika ada sudah terlepas semua segera angkat keyboard dan lepaskan soket kabel ytang menghubungkan keyboard menuju mainboard laptop.
3. Kemudian nyalakan laptop. Perhatikan apa yang terjadi. Jika bunyi tiit hilang dan proses booting berjalan lancar maka kesimpulannya adalah keyboard bermasalah dan anda perlu memperbaiki keyboard ( akan dibahas next post )
4. Jika saat keyboard sudah dilepas namun bunyi tiitt masih saja ada maka kesimpulannya adalah reader keyboardnya bermasalah.
Dengan mengetahui detail penyebab kerusakan pada laptop kita maka akan mengurangi kemungkinan salah penanganan yang bisa menyebabkan bertambahnya masalah. Tentang Cara memperbaiki keyboard yang bermasalah silahkan kunjungi posting yang satu ini.
Laptop bunyi tit panjang saat booting memang tidak selalu disebabkan karena masalah pada keyboard namun ini adalah salah satu penyeabbnya semoga bisa membantu.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

14 comments

comments
29 Agustus 2013 21.15 delete

kemungkinan keyboard rusak juga bisa ya Gan
service laptop

Reply
avatar
8 Mei 2014 08.22 delete

Mengatasi bunyi beep pada laptop mari saling berkunjung, salam kenal mas. by lasri

Reply
avatar
30 Mei 2014 02.13 delete

Jika terdengar bunyi "beeep" dengan volume singkat ketika memasang charger untuk laptop lenovo itu kenapa ya ? Adakah cara agar tidak bunyi "beep" ketika memasang charger laptop ?

Reply
avatar
30 Mei 2014 04.20 delete

settingan ada di BIOS, silahkan di cari

Reply
avatar
9 Juni 2014 01.00 delete

gan punya saya toucpad nya slalu ga jln saat lptop di hidup
tapi saat di pencet tombol window langsung jalan normal
nah ketika di matikan dan dibooting slalu bunyi
gimana cara buka bagian keyboaar y
makasih bro

Reply
avatar
9 Juni 2014 07.34 delete

iy gan, ada yg nyantol tuh tombol keyboardnya, cara nge-buka-nya ita udah bahas di posting terdahulu, silahkan diikuti step-nya

Reply
avatar
19 Juni 2014 01.24 delete

bawa ke bengkel laptop aja ra usah kesuen

Reply
avatar
20 Agustus 2014 17.28 delete

gan netbook sya mereknya Thosiba,
Ketika proses awal mau menghidupkan, nah d'saat itu pula ada bunyi mesinya berbunyi "zettttttt_zetttttt"
apa yang mesti sya lakukan terhadap bunyi seperti itu????

Reply
avatar
22 Agustus 2014 02.30 delete

hi yudi, nah itu laptopnya bisa hidup normal tidak? kalo tidak biasanya ada capasitor tantalum yang udah rusak tuh, coba di cek di sekitar suara yg keluar,

Reply
avatar
23 Agustus 2014 03.33 delete

kalo dullu pas awal2 bunyi gitu, mau ngidupin gak ada masalah, tapi dalam waktu 1minggu ini,
kalo mau pkek pertama lancar, tp klo uda d'maatiin dan mau ngidupin yg keduaa gak bisa, kita harus nunggu beberapa jam baru mau hidup kembali....
saat mau ngidupin yg kedua tampilan awal ada tulisan booting kyk gituu... nah kalo uda gituuu dia uda gak mau proses, dan kemudian saya mati paksaaa,,,
apa yang mesti saya lakukan gan,,,,,

Reply
avatar
23 Agustus 2014 05.32 delete

Jangan-jangan kipas prosesornya g jalan gan? coba di cek dulu kipasnya

Reply
avatar
23 Agustus 2014 21.38 delete

tq gan atas infonya...
blog ini sangat membantu sya...

Reply
avatar