Memperbaiki Flashdisk

Diposting pada

Cara memperbaiki flashdisk yang rusak, yang saat dicolokkan ke komputer muncul error massage : Unrecognized….

Mohon maaf karena cara ini hanya bisa dilakukan teknisi hardware komputer atau elektronik. Ok, langsung saja cara untuk mengatasinya adalah :
1. Sebelum kita mulai siapkan AVOmeter, panaskan solder dan siapkan obeng mini karena baut flashdisk umunya ukurannya kecil.
2. Bungkar flashdisk menggunakan obeng mini
3. Check jalur 5V pada konector USB, biasanya ada komponen yang tidak beres yang menyebabkan jalur ini short circuit terhadap ground
4. Jika anda menemukan adanya short circuit pada jalur 5V, maka biasanya terdapat komponen kapasitor kecil yang short, cari dengan teliti dan ganti dengan yang normal jika sudah ditemukan, maka problem solved. Namun jika jalur 5V normal maka lanjutkan ke langkah 5.
5. Check jalur data transfer menggunakan AVO meter, biasanya terdapat komponen resistor yang dirangkai secara seri pada jalur ini, pastikan kondisinya normal ( tidak putus ), jika rusak ganti dengan yang normal.
6. Check juga capasitor yang ada pada jalur data, jika ada yang short ganti dengan yang baru.
Kunsi dari trick ini adalah memastikan tidak ada jalur yang short terhadap ground dan tidak ada komponen yang memutuskan jalur.
Selamat mencoba semoga berhasil, biasanya masalah yang sering terjadi adalah short circuit pada jalur 5V.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *