IP1980 Bunyi Kasar terus Ngeblink

Diposting pada

Dlam posting kali ini saya akan share pengalaman tentang menganalisa dan memperbaiki printer canon IP1980 yang setelah dinyalakan keluar bunyi kasar ( glodak ) kemudian ngeblink dan tentunya printer tidak bisa digunakan. Oke yuk kita petakan permasalahan yang akan kita bahas disini.
1. Jenis printer Canon IP1980
2. Kondisi katride dua-duanya normal
3. Blink : Hijau dan orange bergantian 1-1-1 dst…
4. Tidak ada kertas yang nyangkut di dalam loader
5. Urutan proses munculnya blink : Printer dinyalakan – katrid bergerak ke arah cleaner ( disebelah kanan ) dan setelah menyentuh cleaner keluar bunyi glodak – Printer nge-blink

Analisa : Blinking pada printer ini menunjukkan bahwa pergerakan katrid atau home katrid terganggu oleh trek yang tidak normal sehingga mempengaruhi aktivitas locker katride yang ada di sebelah kanan trek katrid, maka muncul suara kasar ( glodak ), dan printermemberitahukan pada user dengan blinking. Hasil dari pengalaman saya kerusakan ada pada sensor encoder ( mika panjang sepanjang trek katrid ), biasanya ada kotoran ( pelumas trek ) yang nempel pada encoder.

Action : Silahkan check kondisi sensor encoder, bersihkan menggunakan tissue bersih sehingga benar-benar bersih kemudian cobalah untuk mengaktifkan printer kembali.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *