Komputer Blank RAM normal

Posted on

Post hari ini akan saya isi dengan pembahasan tentang cara memperbaiki motherboard dari sebuah komputer ( CPU ) yang nge-blank dalam arian tidak ada gambar apapun yang muncul di layar monitor namun komputer bisa hidup. Sedangkan kondisi RAM, processor dan Power supply semuanya normal tidak ada masalah. Post ini saya ambil dari pengalaman menangani moherboard ASUS socket 478 DDR 1 dengan kerusakan seperti tersebut.
Dari hasil analisa visual ternyaa terdapat sebuah IC power yang terbakar, IC ini terletak di dekat socket RAM dan Processor. Kemungkinan ini adalah IC power unuk RAM. Lihat gambar dibawah.

IC power terbakar

Maka saya menggantinya dengan IC sejenis, namun code-nya tidak sama, yang penting ciri fisiknya sama dan hasilnya perfect.
Namun, jika IC terebut mati namun tidak sampai terbakar kita tentu akan sedikit sulit untuk menemukan IC mana yang terbakar. maka tips untuk analisa pada masalah tersebut adalah sebagai berikut :
1. Pastikan Processor, RAM dan power supply dalam kondisi normal.
2. Pada saat motherboard ON sentuh pendingin processor, seharusnya anget atau agak panas.
3. Jika Processor dingin berarti power source tidak sampai pada processor, cek IC power processor
4. Jika Processor anget, cek IC power pada RAM, lepas dan cek menggunakan Multi tester, jika kesulian silahkan bandingkan dengan IC power yang lain.
5. Jika semua IC power normal, maka lebih baik analisa kita pindah ke zona VGA, inshaAllah akan kita bahas nex time.

Video : Pasang Kapasitor Laptop boleh dibalik tidak?, silahkan simak jawabannya dan jangan lupa subscribe yha, terimakasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *