Install Ulang Laptop

Diposting pada

Khusus untuk newbie yang pengen tahu rasanya install ulang laptop sendiri disini kita bahas pack software yang harus kita siapkan agar proses install ulang OS berjalan lancar. Silahkan pake Windows apapun sesuai dengan kesukaan.

Berdasarkan Windows yang akan kita gunakan nanti yang membedakan adalah device driver yang akan kita install setelah proses install ulang windows-nya ( sebagai OS ) selesai. Misalnya kita pwke Windows 7 32 bit, maka driver yang akan kita install ya harus versi untuk Windows 7 32 bit, g bisa pake punya-e Windows XP, atau lebih tepatnya tidak bagus bila dipaksakan, karena pada kondisi tertentu hal ini bisa dilakukan dengan beberapa point warning.

Nah urutan install ulang sebuah laptop adalah sebagai berikut :
1. Setting Bios, tujuannya adalah untuk memastikan bahwa firts boot atau booting awal dari laptop dimulai dengan DVD/CDroom, jika kita install ulang menggunakan internal dvdroom, atau dimulai dengan usb DVDroom, jika kita menggunakan DVD portable atau USB flashdisk untuk install ulang
2. Install OS, dalam hal ini Windows. OS yang lain banyak sekali termasuk Linux
3. Install device driver, software yang diperlukan sebagai interface andara device dengan Windows sebagai system dalam sebuah laptop
4. Install Applikasi. Aplikasi standart yang biasanya langsung wajib kita install saat install ulang laptop adalah antivirus, Office, Winrar, Adobe reader, K-lite codec, Nero atau yang sejenis, Webcam application misalnya debut dll., Yahoo massanger, Mozilla firefox atau google Chrome, Winamp atau yang sejenis, GOM player atau yang sejenis, dan flashplayer. Sedang untuk applikasi yang lain bisa ditambahkan sendiri.
5. Update antivirus, jika diperlukan.

5 langkah diatas adalah urutan proses install ulang sebuah laptop, sedangkan jenis software yang akan kita gunakan adalah sesuai dengan device dari laptop yang akan kita install. Misalnya laptop acer, tentu idealnya driver-nya tidak sama dengan laptop toshiba, kamu bisa download driver dari berbagai laptop secara gratis disini. Sedang untuk applikasi kamu bisa browse via google.com. Semuanya bisa didapatkan dengan gratis.

One thought on “Install Ulang Laptop

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *