Memperbaiki Laptop Tidak Bisa Charging

Posted on
Laptop yang akan kita perbaiki kali ini adalah laptop yang hidup normal namun tidak bisa charging. Indikasinya adalah ( Dalam artikel ini kita ambil contoh Asus A43E ):
1. Bisa hidup normal menggunakan charger,
2. Tidak bisa dihidupkan tanpa charger
3. Saat masuk windows ( dalam contoh ini Windows 8 ) indikator charging normal namun tetap dalam level 0%
4. Baterai normal, bisa di test di laptop lain

Peralatan yang diperlukan pada langkah service ini adalah : Solder, solder uap atau blower, timah, cairan flux, multitester atau avometer dan peralatan pendukung lainnya.
Problem ini disebabkan oleh IC charger yang tidak normal.
1. Bongkar Laptop kamu dan ambil mainboardnya

Tonton Video Service di Channel Kami : Channel Service

Asus A43E mainboard

2. Ambil tombol power ( power button ) untuk memudahkan pengetesan.

Pada gambar diatas ditunjukkan IC charger, silahkan beli yang baru atau ambil dari laptop lain sebagai penggantinya yang penting normal kemudian lakukan penggantian IC charger tersebut menggunakan heater blower.

Untuk cara penggantian ic charger silahkan lihat video dibawah ini.

Peralatan yang kita butuhkan untuk proses service laptop ini adalah Solder uap atau blower, solder biasa, cairan flux, pengangkat ic atau chipset, multitester dan ebberapa perangkat pendukung lainnya seperti timah dll. Demikian contoh cara mengetahui dan memperbaiki laptop yang bisa charging namun pada level 0% saja dan tidak bisa dinyalakan tanpa charger, semoga bermanfaat.

170 thoughts on “Memperbaiki Laptop Tidak Bisa Charging

  1. mohon infonya mas, laptopku matot, jika colok adaptor lampu adaptornya kedip langsung mati lampunya, seperti ada yg short, kira2 dibagian apanya yh yg mesti diperbaiki…. terima kasih sebelumnya

  2. Bg,saya butuh bantuan saya punya notebook asus x441s baru di beli sekitar 2 bulan yang lalu bg,tapi sudah 2 hari ini pas saya cas berjam jam tapi ngk mau penuh bg,pas dihidupin batrainya sekitar 45% bg tapi pas di cabut batrai nya mati total bg,harus di carger baru hidup bg,tolong di bantu bg,maaf sebelumnya terima kasih bg

  3. Bg pertanyaan tadi agak salah bg,singkat cerita nya bg laptop baru tipe asus x441s jadi kasusnya gini bg,saya sudah cas dari tadi malam bg sampai siang ini ngk mau penuh penuh bg,tapi di gambar batrainya 45% bg,pas di cabut carger nya langsung mati bg,kalau soal batrainya kayaknya batrai tanam bg,mohon bantuannya bg saya lagi nyusun skipsi bg,susah kalau kayak gini bg,takutnya mati lampu bgs kalau pakai cas terus susah bgs,makasih sebelumnya bg

  4. Sekalian mau nanya kalau masih ada garansi nya,biasanya bisa ngk dibenerin pakai garansi nya bg,kalau bisa jelasin dengan detail ya bg,saya butuh bantuan abg,semoga abg sukses sehat dan berpahala telah mau membantu banyak orang amin.

  5. Mau nnya mas. Laptop sy toshiba. Klo di cas lampu merahnya menyala tp tdk bs hidup d saat di on kn. Sy cb buka batrai dan sy cb cas tnpa batari ttap tdk bs nyala. Yg hidup lampu merah sj. Bs ksh solusi gan.

  6. Malam mas,
    Mau tanya mas masalah notebook Lenovo nih.
    Waktu sebelum problem, batre notebook saya lowbat tapi ga sampe low bgt, tinggal 24%. Nah saya colok deh charger-nya. Tiba2 mati notebooknya mati mas. Dan bbrp kali dinyalain gamau nyala stlh saya cabut charger-nya. Pas saya colok lagi, notebook mau nyala, tapi pas dicabut mati lagi. Padahal posisi batre masih terpasang dan ga dalam keadaan low. Ini kenapa ya? Mohon pencerahannya mas.
    Hatur nuhuun 😞

  7. Ass mas agus..ane mau nanya mas…laptop ane asus X451ca ..laptop ane hidup..tapi ga mao dicas. Ane cek tegangan dari carger ada…pas di colokin ke laptop…hilang tegangannya ..ane cabut ada lagi tegangan nya yang di carger….
    Ane coba lepas-colok berulang kali…terkadang hidup lampu indikator…sebentar doang mati lagi…battrai bagus…pas bisa dicas…lamanya cuma 5 menit abis ga mau lagi….kira kira apa nya yang rusak ya mas…mohon pencerahan dari mas agus….
    Terimakasih mas agung

  8. Mau tanya mas, laptop saya Acer 4736 problemnya baterai baru ganti dan full tapi ketika dipasang nyala sebentar terus mati. Begitu juga dengan charger (tanpa baterai) coba nyalakan cuman sebentar lalu mati. Begitu seterusnya apakah itu IC adaptornya harus diganti

  9. sepertinya memang mengarah kerusakan pada laptopnya (ic power) yg agan terangkan di atas.
    saya telah mengecas manual (di luar laptop) baterai asus x200m di luar laptop,, sblmnya cm 0% dan tak bisa mengisi,,, setelahnya menjadi 90% tapi tetap saja seperti penjelasan dalam post di atas.. baterai tidak tercharger dan tetap pada 90% dan laptop hanya bisa nyala jika tersambung charger aktif.
    thanks penjelasannya gan,,

      1. Mas. Laptop matot. Saat di pasang cas nya. Malah berkedip lampu adaptornya. Tp tetap ga bisa di cas. Mhn solusinya. Trimakasih.

  10. Kak, laptop saya gak bisa di cas dan dinyalain lagi pasca kehabisan batrai. Merk laptop Asus X451C.
    Biasanya kalo lagi di pakai trs sambil di cas masuk. Tapi saat itu pas di cas gak bisa nambah batrainya, tapi tanda kalo lg di cas itu ada. Pikir saya nanti juga nambah sendiri. Tapi malah mati.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *