Hal-hal Penting, Agar Bisa Memperbaiki Laptop Mati

Diposting pada

Sedikit posting ringan untuk para pengunjung yang sedang, ingin, atau pengen bisa memperbaiki sebuah laptop yang rusak. Peralatan adalah pasti, bahwa untuk memperbaiki laptop rusak kita musti punya solder, blower atau pengering rambut, multi tester atau avo meter, dan peralatan pendukung yang lain, Namun yang lebih penting dari itu semua adalah ilmu, karena tanpa ilmu kayaknya kita g bakal mungkin bisa memperbaiki laptop rusak apalagi yang rusaknya parah.
Nah dalam kesempatan ini kita akan simpulkan beberapa point ilmu penting yang harus kita miliki sebelum nekad memulai project memperbaiki laptop yang rusak dibagian mainboardnya.
1. Kita harus bisa menggunakan solder
2. Kita harus bisa mengoperasikan multi tester baik analog maupun digital
3. Kita harus telaten melakukan diagnisis kerusakan
4. Kita harus pinter dan jeli dalam meng-analisa penyebab kerusakan
5. Kita harus bisa menggunakan blower yang pada kondisi tertentu sangat dibutuhkan walopun kadang juga tidak dibutuhkan
6. Kita harus bisa browsing di internet sebagai wadah saat kita butuh tool software yang harus di-download via internet
7. Kita harus mengerti bahasa inggris, paling tidak bahasa dasar teknisi
Point diatas adalah beberapa hal penting yang kita musti bisa, dan sekarang kita akan bahas satu-persatu.
1. Solder

Gambar disamping adalah cara memegang solder, ini sangat penting untuk diketahui karena sebagian orang masih kesulitan hanya untuk memegang sebuah solder, apalagi menggunakannya. Hal penting saat kita menggunakan solder ini adalah agar kita menjaga unjung mata solder tetap bersih dari debu dan kotoran lain, untuk menjaga kebersihan mata solder biasanya para teknisi menggunakan gondo rukem atau cairan khusus sebagai cleaner mata solder. Dalam kondisi mendesak kita bisa membersihkannya menggunakan silet atau  peralatan sejenis. Saat kita kesulitan melelehkan timah/tenol maka itu menunjukkan bahwa diujung mata solder terdapat kotoran yang menghalangi mata solder bersentuhan langsung dengan timah/tenol, maka kita perlu membersihkannya.
2. Multi tester

Gambar disamping adalah sebuah Multitester analog. Alat ini sangat penting dalam memperbaiki sebuah laptop yang rusak dibagian mainboardnya. Kita ambil contoh pada sebuah laptop yang mati total, biasanya penyebabnya adalah short circuit pada jalur + menuju ground, nah tanpa multitester rasanya kita akan sangat kesulitan untuk mengetahui titik mana saja yang terhubung singkat ke ground, dengan menempelkan probe hitam ke ground dan menempelkan probe merah ke jalur yang kita curigai short circuit ke ground maka kita akan mudah mengetahui memastikan titik-titik yang short, karena jika probe merah menyentuh jalur yang short maka jarum multitester tersebut akan bergerak mentok ke kanan, saat itulah kita tahu bahwa titik tersebut short ke ground, dan seterusnya.
3. Untuk point yang selanjutnya insyaAllah akan kita bahas next time.
Ini adalah ulasan ringan untuk para pengunjung yang kiranya belum terbiasa dengan peralatan elektronika dan memiliki keinginan untuk menggunakannya, semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *