Analisa Laptop Mati Total Berdasarkan Penyebabnya

Diposting pada

Banyak sekali teknik atau cara yang bisa kita gunakan untuk mengetahui secara pasti kerusakan pada sebuah laptop. Kita bisa menggunakan peralatan hardware maupun software canggih yang bisa nunjukin sendiri zona kerusakan pada sebuah laptop yang rusak, bisa juga menggunakan insting dengan patokan pengalaman dan masih banyak lagi cara-cara lain yang bisa kita gunakan. Kita musti terbiasa dengan cara-cara yang paling mudah yang cocok dengan type kita untuk menghemat waktu, berikan kepuasan terhadap pelanggan, mendapatkan keuntungan yang tinggi karena dengan waktu singkat kita bisa bereskan banyak laptop.
Nah disini kita akan bahas tentang salah satu cara yang bisa kita gunakan untuk analisa sumber kerusakan sebuah laptop yang mati total. Caranya adalah mengetahui alasan atau penyebab laptop tersebut mati, atau kita selidiki kondisi terakhir laptop tersebut mati total. Di bawah ini kondisi yang umum terjadi di workshop kami 9, Buru computer Jenangan, biasanya kami selalu menanyakan kepada pemilik laptop tentang kondisi terakhir sebelum laptop tersebut mati.
1. Laptop mati total karena ada di dalam tas dan kena hujan.
Biasanya laptop yang ada didalam tas dan kehujanan, walopun air tidak tembu, mengalami gagal booting, namun indikator power masih mau menyala ketika kita tekan tombol power. Nah akibat terbesar dari kondisi ini adalah kondensasi pada memory (ram) atau chipset sebagai reader dari memory. Cara mengatasinya adalah ambil memory, bersihkan pin-pinnya, pasang kembali. Jika belum berhasil bungkar laptop ambil mainboardnya, clear cmos dan jemur dibawah terik matahari, jika belum berhasil rehot chipset.
2. Laptop mati total karena lowbatt dan dipaksa sampai laptop mati sendiri dan tidak bisa dihidupkan kembali namun indikator charger masih mau menyala. Karena saking asyiknya nontot film dan di-fullscreen maka battery low jadi tidak ketahuan, ada warningpun dibiarkan karena pas lagi hot-hotnya, maka laptop-pun ngambek, mati deh. Habis itu baru di ces, namun sayangnya laptop tidak mau hidup lagi dan userpun pusing g karuan. Kami yakin banyak pengguna laptop yang pernah nemui kejadian tersebut, nah kemungkinan besar penyebab laptop mati total yang satu ini adalah short-nya capacitor ( komponen dengan kode C pada mainboard ) karena tidak mampu menahan kebutuhan tegangan pada semua komponen pada maiboard yang tidak mampu menyimpan tegangan sendiri seperti capacitor maka bisa jadi capacitor tersebut rusak ( konslet ). Karena ada komponen yang short maka bagian proteksi akan memprotek laptop agar tidak bisa dinyalakan. Maka solusinya adalah cari capacitor yang short tersebut. Ingat, sebelum komponen yang short ditemukan tidak perlu untuk mencoba-coba enyalakan laptop karena kerusakan bisa merambat ke komponen yang lain.
3. Laptop mati total karena di tancepi charger laptop lain yang soketnya sama namun tegangannya berbeda. Kadang memang laptop mau aja dikasih charger lain yang bukan haknya (laptop g tau diri), namun pasti aja lama-kelamaan jadi ancor thu laptopnya (dosanya terbalaskan). Nah jika demikian biasanya fuse/sekring-nya putus atau ic power rusak/jebol. Cara mengatasinya di bungkar, dan cari komponen dengan kode F, posisinya dekat dengan soket charger, jika putus ganti dengan yang lain, jika tidak putus cari ic power, cek satu persatu mulai dari yang dekat dengan jalur V-in sampek ketemu, jika tidak ketemu cek ic charger, cari kaki VCC-nya, jika short maka ganti ic charger dengan yang lain.
Bersambung…

13 thoughts on “Analisa Laptop Mati Total Berdasarkan Penyebabnya

  1. laptop sya sedang di charge dlm keadaan mati gan. begitu lampu indikator berubah jd kuning (baterai terisi penuh) saya cabut. tp begitu mau dinyalakan lagi mati total. itu kenapa ya gan? kira2 apanya yg rusak?

  2. Laptop saya mati total akibat konslet, dibawa ke service center katanya motherboardnya kena. Karena service nya mahal akhirnya dibiarin aja. Beberapa hari kemudian, laptopnya bisa nyala lagi pdhl gak diservice. Kok bisa ya? Wkwkwkw

  3. hi miss…
    wah rezki tuh, syukurin aja. Kemungkinan ada yg jenuh capasitornya, jadi setelah diem lama kosong sendiri muatannya n hidup deh laptopnya, tp biasanya kumat lg tuh miss. ato chipset-nya problem jg bisa begitu. kalo udah bisa y di pake aja g usah di pikirin deh

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *