IC Kontrol Keyboard Laptop

Diposting pada
ic kontrol keyboard laptopGambar disamping adalah sebuah IC kontrol keyboard laptop HP Compaq CQ40 dengan kode mainboard LA-4101P.  Ada apa dengan IC ini? ini adalah pertanyaan yang jawabannya akan kita bahas dalam artikel ini. Kita tahu bahwa sebuah laptop tentu akan tidak bisa dinikmati dengan sempurna apabila keyboard.nya tidak berfungsi atau ada sebagian tombol tidak dapat digunakan. Penyebab dari masalah ini adalah rusaknya keyboard itu sendiri atau kerusakan sebetulnya bukan pada keyboard namun IC kontrolnya! IC kontrol ini fungsinya adalah sebagai reader yang akan menerjemahkan setiap perilaku yang kita lakukan pada keyboard sehingga kalo ada masalah pada IC ini tentu keyboard tidak berfungsi dengan baik. Fungsi lain dari IC ini pada laptop Compaq CQ40 adalah sebagai reader tombol power ON/OFF.
Terus apa yang penting dari IC ini? Jawabannya adalah ketika keyboard laptop kita tidak berfungsi atau bermasalah pada sebagian tombolnya, maka ada dua item seperti dijelaskan diatas yang perlu kita curigai, yaitu rusaknya keyboard atau rusaknya IC kontrol sebagai reader keyboard.
Indikasinya adalah, misalnya laptop kita gagal booting gara-gara bunyi tit tit terus menerus saat booting, seperti ada tombol keyboard yang nyantol, kemudian kita lepas keyboardnya dan kita coba kembali menyalakan laptop namun yang terjadi adalah tetap tidak bisa booting dan bunyi tit tit tiiiiiiittt tetap saja keluar. Nah kalo begini kejadiannya maka sangat tetap jika kita menyimpulakn bahwa IC kontrol keyboardnya bermasalah dan meinta ganti yang baru.
ic kontrol keyboard laptop

Jadi ketika keyboard laptop kamu bermasalah maka ic kontrol ini juga perlu dicurigai. Demikian bahasan tentang IC kontrol keyboard laptop, semoga bisa bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *