Tentang IC Power Laptop

Posted on
Sebagaimana kita tahu sekarang banyak sekali pengguna Laptop di Indonesia, maka semakin banyak pula model kerusakan laptop yang seorang teknisi komputer harus mampu mengikuti perkembangannya atau akan ditinggalkan oleh pelanggannya karena tidak mampu menangani permasalahan yang muncul.
Salah satu komponen hardware penting pada sebuah laptop adalah IC power. Tidak ada laptop yang tidak menggunakan IC power yang secara umum menggunakan komponen jenis FET. Tidak sama memang jenis dan modelnya, namun ciri fisik dan kinerjanya semuanya sama, maka cara analisanya pun sama. Maka rasanya akan sangat menarik untuk membahas komponen kecil ini. Mau tidak mau jika kita menemukan laptop yang mainboardnya bermasalah harus bertemu dengan komponen elektronika ini. Misalnya jika kita akan memperbaiki sebuah laptop yang mati total, maka IC power wajib kita check.

Bagian-bagian IC power
Ada tiga bagian penting dari IC power jenis Mosfet ini yaitu Input, Output, dan Pemicu. Biasanya IC power memiliki 8 kaki ( ada juga yang tiga kaki ) namun dibagi menjadi tiga bagian, 4 kaki di jumper menjadi bagian output kemudian 3 kaki di jumper menjadi bagian input dan sisanya satu kaki menjadi bagian pemicu. Seperti pada gambar dibawah ini dengan kode PQ26 kitas bisa lihat 4 kaki sebelah atas dijumper jadi satu sedang kaki-kaki sebelah bawah yang tiga dijumper kemudian yang 1 berdiri sendiri sebagai kaki penyulut.

Cara kerja IC power
Secara sederhana cara kerja IC ini adalah seperti sebuah saklar, yaitu ON dan OFF, dan yang menentukan kapan ON dan kapan OFF adalah kaki atau bagian pemicu. Jadi ketika bagian pemicu mendapatkan sumber tegangan maka IC bekerja seperti saklar yang sedang ON, dan ketika tegangan pada kaki pemicu hilang maka IC seperti saklar yang sedang OFF. Pada sebagian jenis IC kondisinya adalah sebaliknya.

Tonton Video Service di Channel Kami : Channel Service

Fungsi IC power
Fungsi IC power pada sebuah mainboard laptop sebagaimana dijelaskan diatas, adalah sebagai saklar atau switch. Namun IC ini juga bisa difungsikan sebagai pemutus arus pada system proteksi. Misalnya pada system proteksi short circuit, maka IC ini akan memutuskan arus pada rangkaian yang short ( konslet ) sehingga tidak membahayakan bagian lain pada mainboard yang sama.
Pada post selanjutnya insyaAllah kita akan membahas lebih detail tentang IC power ini, khususnya untuk pemakaian pada laptop, termasuk cara analisa jika IC power ini rusak, short atau putus. Semoga akan bermanfaat untuk pengunjung yang ingin memperdalam ilmu tentang hardware laptop. Sedangkan buat temen-temen teknisi bisa mensupport post ini dengan share ilmunya via comment. Dan untuk melihat video tutorial check ic power silahkan klik link ini : Tutorial check ic power motherboard laptop
Ini adalah beberapa hal tentang IC power yang berupa mosfet pada sebuah motherboard laptop.

190 thoughts on “Tentang IC Power Laptop

  1. mas mau tanya laptop saya kalo dipakai buat nonton video selang berapa menit langsung tiba2 mati. tapi kalau dipakai ngetik, browsing, muter lagu ga masalah.
    trus pas coba dipakai ke lcd proyektor juga selang berapa menit mati. apakah yg rusak di vga atau ic power?

  2. Mas, laptop saya gk d charge tp indikator icon baterai ngecharge, terus lampu indikator baterai hjau dan orange kedip mulu mas, apakah ada hubungannya dengan ic charge ?trus apakah ic charge dg ic power berbeda ?mohon penjelasannya mas

  3. Mas mau tanya laptop saya acer dan baterenya tidak lepasan tapi batere tanak ketika memasuki 9% saya cas tapi arus ngga bisa masuk malah ada tanda silang pada lambang pengisian batere akhirnya kubiarkan sampai batere habis karena memang ngga bisa masuk arus casnya dan ketika kubawa ketukang servise katanya ic nya mati dan batere jg mati akhirnya batere dilepas dan kalau pakai laptop harus pakai charger yg terhubung ke listrik, nah pertanyaan saya apakah cara demikian dapat bertahan lama atau harus diganti baterenya kira2 nyampe berpa ya harga baterenya? terimakasih sebelumnya.

  4. Kayaknya memang rusak baterainya, harga baterai KW krg lbh 400rb.
    Kalo gak pake baterai laptop lebih cepat panas, tegangan juga kurang halus, kurang lembut, jadi lebih baik segera di belikan baterai.Kalo IC kemungkinan tidak ada masalah

  5. Assalamu'alaikum,
    Saya mau tanya, laptop saya dell inspiron 5670 tiba-tiba tidak mau hidup ketika tombol power ditekan. Lampu indikator tidak ada yang menyala sama sekali. Saya coba hidupkan dengan charger terhubung ke laptop hanya lampu indicator pengisian batere yang hidup, laptop tetap tidak menyala ketika tombol power ditekan. Itu kira-kira kenapa ya? Mendadak sekali soalnya, sore laptop masih bjsa bekerja dengan baik, malam sudah tidak bisa dinyalakan. Terima kasih.

  6. Terima kasih atas tanggapannya. Saya tidak berani bungkar, mas. Jadi tadi saya bawa ke service center. Tapi penjelasannya enggak masuk akal, laptopnya suruh ditinggal untuk diperiksa kena biaya 300 ribu. Terus saya tanya kira2 tanpa diperiksa berdasarkan kronologi yang saya ceritakan bisa diperkirakan kerusakannya tidak? Petugasnya menjawab paling RAM atau kipas atau pasta. Saya tanya terus solusinya bagaimana? Kira2 berapa biayanya? Dijawab paling ganti mootherboard biaya sekitar 3-4 juta. Haha- saya langsung bilang mending beli laptop baru.

  7. Iya, mas. Lucu juga. Saya curiga petugas yang kemarin itu bukan teknisi service laptop tapi sales yang menyamar jadi teknisi. Akhirnya sekarang saya sedang mencari di tempat lain. Kepikiran mau coba saran yang Mas berikan untuk buka laptopnya dan coba clear CMOS sendiri, tapi takut salah nanti malah tambah parah rusaknya. Hehe-

  8. mas dirga ane siring juga tuhh ngalamin yg kek gitu .pada intinya ada komponen mobo laptopnya yg ga bekerja semestinya(short) hal itu bisa jadi karena solderan pada komponen mulai melemah.
    Coba agan cek di jalur 19 volt.nya

  9. Mas tolong tanya.. laptop saya tiba" mati total, lampu indikator tidak menyala. Kronologisnya begini, saat saya kerja tugas pake laptop (keadaan tidak di charge, baterai sisa sekitar 40℅, baterei tanam) keadaan baik" saja, kemudian pas saya tancepin charger ke laptop, tiba" laptop mati langsung.. tidak ada respon lampu indikator charge menyala di laptop. Saya sudah check lepas pasang ram, hdd, wifi, baterei tanam tapi masih saja tidak mau menyala, lalu saya lepas charge dan nyalakan laptop (pakai baterei) tapi masih tidak mau menyala, apakah ic laptop atau mobo yg kena? Terima kasih mas..

  10. Maaf mas kalo laptop ditekan tombol power nyala lampu indikator warna hijau tapi hanya beberapa detik saja dan langsung mati.
    Kira2 itu apanya yang rusak dan biaya service berapa ya mas?
    Terima kasih

  11. Maaf mas kalo laptop ditekan tombol power nyala lampu indikator warna hijau tapi hanya beberapa detik saja dan langsung mati.
    Kira2 itu apanya yang rusak dan biaya service berapa ya mas?
    Terima kasih

  12. mas ane ada laptop ne. seri aspire 4750. kebetulan Keyboard jga udah ane lepas jdi kliatan tuh chasing besi pas di stand keyboard. nah masalah nya klo carger di colok lampu power nyala 1 detik trus mati. kadang juga sempat masuk bios trus mati. bahkan smpe menu log on eh mati juga. kira2 penyebab nya apa yah. ane sentuh besi chasing di bawah keyboard agak2 nyetrum2 manja gitu hehehe. mohon solusi nya komandan.

  13. ada lagi mas. adaptor kan ane colok. tombol power klo di tekan kadang nyala tapi mati tiba2. kadang juga no respon tapi port usb nya hahaha. ane colok kipas eh kipas nyala padahal laptop mati. trus ground besi di bwah kehboarf tadi tuh Nyetrum2 manja hehehe

  14. mas ikut nanya juga nih, laptop saya sering mendadak mati pas lagi dipakai. setelah mati, coba dinyalakan lagi, tombol power nya nyala tapi cuma black screen ga bisa masuk desktop sama sekali.
    kira-kira apa yang rusak ya? apa kemungkinan IC nya? thx.

  15. Mas, laptop Axioo saya tidak bisa dinyalakan tanpa pakai charger, padahal baterai terdeteksi dilaptop dan dalam kondisi full 100%. Kira-kira penyebabnya apa ya? Padahal kondisi laptop masih baru. Terima Kasih.

  16. Permisi mas mau tanya, laptop saya sering mati mati sendiri ( posisi tanpa baterai karena baterainya rusak ) nah saat untuk buka aplikasi. Jalan tapi ditengah" tiba" mati lagi, apakah masalahnya di baterai atau hal lainnya mas ? Sudah install OS masih sama, atau gara" overheat ? Umur laptop sudah 5 tahun blm ganti thermal paste juga. Terimakasih mas sebelumnya

  17. mas laptop saya acer. kronologinya gini pas batre 20% saya buat musikan. abis itu batre habis dan mati. pas saya cas kok lampu indikatornya gk nyala. saya lepas batre tanamnya. saya pasang lagi. tetep gak nyala lampu indicator dan laptopnya. terus saya bongkar lagi batre, ram, hardisk, wifi. dan saya cas teep gak nyala. ini gimana ya mas

  18. Pak kan saya ada laptop axioo zetta mku, kabel seperti fleksibel yg menghubungkan motherboard ke board yg lainya robek dan gak ada suku cadangnya. Masalahnya tombol power ada di board yg diatasnya. Bisa tidak laptopnya di akalin supaya bisa nyala tanpa tombol power yg diatas itu?
    Terima kasih.
    Dan mohon pencerahannya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *