Tentang IC Power Laptop

Posted on
Sebagaimana kita tahu sekarang banyak sekali pengguna Laptop di Indonesia, maka semakin banyak pula model kerusakan laptop yang seorang teknisi komputer harus mampu mengikuti perkembangannya atau akan ditinggalkan oleh pelanggannya karena tidak mampu menangani permasalahan yang muncul.
Salah satu komponen hardware penting pada sebuah laptop adalah IC power. Tidak ada laptop yang tidak menggunakan IC power yang secara umum menggunakan komponen jenis FET. Tidak sama memang jenis dan modelnya, namun ciri fisik dan kinerjanya semuanya sama, maka cara analisanya pun sama. Maka rasanya akan sangat menarik untuk membahas komponen kecil ini. Mau tidak mau jika kita menemukan laptop yang mainboardnya bermasalah harus bertemu dengan komponen elektronika ini. Misalnya jika kita akan memperbaiki sebuah laptop yang mati total, maka IC power wajib kita check.

Bagian-bagian IC power
Ada tiga bagian penting dari IC power jenis Mosfet ini yaitu Input, Output, dan Pemicu. Biasanya IC power memiliki 8 kaki ( ada juga yang tiga kaki ) namun dibagi menjadi tiga bagian, 4 kaki di jumper menjadi bagian output kemudian 3 kaki di jumper menjadi bagian input dan sisanya satu kaki menjadi bagian pemicu. Seperti pada gambar dibawah ini dengan kode PQ26 kitas bisa lihat 4 kaki sebelah atas dijumper jadi satu sedang kaki-kaki sebelah bawah yang tiga dijumper kemudian yang 1 berdiri sendiri sebagai kaki penyulut.

Cara kerja IC power
Secara sederhana cara kerja IC ini adalah seperti sebuah saklar, yaitu ON dan OFF, dan yang menentukan kapan ON dan kapan OFF adalah kaki atau bagian pemicu. Jadi ketika bagian pemicu mendapatkan sumber tegangan maka IC bekerja seperti saklar yang sedang ON, dan ketika tegangan pada kaki pemicu hilang maka IC seperti saklar yang sedang OFF. Pada sebagian jenis IC kondisinya adalah sebaliknya.

Atau saksikan video perbaikan laptop di youtube melalui link berikut :

Fungsi IC power
Fungsi IC power pada sebuah mainboard laptop sebagaimana dijelaskan diatas, adalah sebagai saklar atau switch. Namun IC ini juga bisa difungsikan sebagai pemutus arus pada system proteksi. Misalnya pada system proteksi short circuit, maka IC ini akan memutuskan arus pada rangkaian yang short ( konslet ) sehingga tidak membahayakan bagian lain pada mainboard yang sama.
Pada post selanjutnya insyaAllah kita akan membahas lebih detail tentang IC power ini, khususnya untuk pemakaian pada laptop, termasuk cara analisa jika IC power ini rusak, short atau putus. Semoga akan bermanfaat untuk pengunjung yang ingin memperdalam ilmu tentang hardware laptop. Sedangkan buat temen-temen teknisi bisa mensupport post ini dengan share ilmunya via comment. Dan untuk melihat video tutorial check ic power silahkan klik link ini : Tutorial check ic power motherboard laptop
Ini adalah beberapa hal tentang IC power yang berupa mosfet pada sebuah motherboard laptop.

221 thoughts on “Tentang IC Power Laptop

  1. Mas, mau nanya soal batere. Laptop saya Dell inspiron 5670 mendadak aneh baterenya. Jadi kemarenan saya main game posisi batere masih 33%. Baru 5 menit mendadak langsung drop ke 7%. Saya charge selama dua jam hanya bisa sampai 73% lama tidak naik2. Saya tunggu beberapa saat tiba2 langsung full 100%. Namun ketika saya cabut adaptor, balik lagi ke 73%. Kenapa ya mas? Pemakaian dari 73% masih bisa tahan 3 jam untuk sekedar bekerja dengan microsoft office. Terima kasih.

  2. Sy mau tanya pak, laptop sy hp pavilion g4 mati total. Awalnya sy lagi pakai browsing lalu tiba2 mati sendiri. Sy pencet tombol power tidak nyala, sy charge juga tidak nyala lampu indikator chargingnya, tidak ada tanda2 kehidupan. sebelumnya sdh 6 thn pakai tidak pernah ada masalah. Di charge tanpa baterai jg ga nyala. Sudah di tes pake adapter punya org lain jg ga nyala. Kira2 kerusakan nya dibagian part apa ya pak? Ic power kah? Ic charging kah? Mosfet kah? Atau processor nya? Apakah salah satu dari itu atau rusak semuanya ya pak? Kira2 untuk untk biaya service+sparepart habis berapa ya? Trims

  3. Mau tanya nih. Laptop saya acer e1 451g mati total, penyebabnya karena ada komponen ic power yg meletus ( kata tukang service yg cek laptop saya ). Apa masih bisa dibetulkan atau tidak? Thanks

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *