Tentang IC Power Laptop

Posted on
Sebagaimana kita tahu sekarang banyak sekali pengguna Laptop di Indonesia, maka semakin banyak pula model kerusakan laptop yang seorang teknisi komputer harus mampu mengikuti perkembangannya atau akan ditinggalkan oleh pelanggannya karena tidak mampu menangani permasalahan yang muncul.
Salah satu komponen hardware penting pada sebuah laptop adalah IC power. Tidak ada laptop yang tidak menggunakan IC power yang secara umum menggunakan komponen jenis FET. Tidak sama memang jenis dan modelnya, namun ciri fisik dan kinerjanya semuanya sama, maka cara analisanya pun sama. Maka rasanya akan sangat menarik untuk membahas komponen kecil ini. Mau tidak mau jika kita menemukan laptop yang mainboardnya bermasalah harus bertemu dengan komponen elektronika ini. Misalnya jika kita akan memperbaiki sebuah laptop yang mati total, maka IC power wajib kita check.

Bagian-bagian IC power
Ada tiga bagian penting dari IC power jenis Mosfet ini yaitu Input, Output, dan Pemicu. Biasanya IC power memiliki 8 kaki ( ada juga yang tiga kaki ) namun dibagi menjadi tiga bagian, 4 kaki di jumper menjadi bagian output kemudian 3 kaki di jumper menjadi bagian input dan sisanya satu kaki menjadi bagian pemicu. Seperti pada gambar dibawah ini dengan kode PQ26 kitas bisa lihat 4 kaki sebelah atas dijumper jadi satu sedang kaki-kaki sebelah bawah yang tiga dijumper kemudian yang 1 berdiri sendiri sebagai kaki penyulut.

Cara kerja IC power
Secara sederhana cara kerja IC ini adalah seperti sebuah saklar, yaitu ON dan OFF, dan yang menentukan kapan ON dan kapan OFF adalah kaki atau bagian pemicu. Jadi ketika bagian pemicu mendapatkan sumber tegangan maka IC bekerja seperti saklar yang sedang ON, dan ketika tegangan pada kaki pemicu hilang maka IC seperti saklar yang sedang OFF. Pada sebagian jenis IC kondisinya adalah sebaliknya.

Tonton Video Service di Channel Kami : Channel Service

Fungsi IC power
Fungsi IC power pada sebuah mainboard laptop sebagaimana dijelaskan diatas, adalah sebagai saklar atau switch. Namun IC ini juga bisa difungsikan sebagai pemutus arus pada system proteksi. Misalnya pada system proteksi short circuit, maka IC ini akan memutuskan arus pada rangkaian yang short ( konslet ) sehingga tidak membahayakan bagian lain pada mainboard yang sama.
Pada post selanjutnya insyaAllah kita akan membahas lebih detail tentang IC power ini, khususnya untuk pemakaian pada laptop, termasuk cara analisa jika IC power ini rusak, short atau putus. Semoga akan bermanfaat untuk pengunjung yang ingin memperdalam ilmu tentang hardware laptop. Sedangkan buat temen-temen teknisi bisa mensupport post ini dengan share ilmunya via comment. Dan untuk melihat video tutorial check ic power silahkan klik link ini : Tutorial check ic power motherboard laptop
Ini adalah beberapa hal tentang IC power yang berupa mosfet pada sebuah motherboard laptop.

217 thoughts on “Tentang IC Power Laptop

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *