Cara Install Windows 7

Diposting pada

Paket untuk pemula, tentang gimana cara install windows 7 pada sebuah komputer atau laptop. Dalam contoh ini, komputer yang akan kita install windows 7 adalah sebuah PC yang menggunakan internal DVDroom, perlu diingat bahwa untuk menginstall windows 7 dengan menggunakan DVD master maka kita juga perlu menggunakan DVDroom bukan CDroom. Alternatif lain yang kita bisa gunakan untuk install windows 7 adalah dengan menggunakan flasdisk, namun dalam post ini kita hanya akan bahas teknik install windows 7 menggunakan DVD internal.
Sebelum kita mulai untuk installasi maka tentu saja kita harus persiapkan DVD master windows 7, jika belum punya kamu bisa browsing di google. Selanjutnya ikuti langkah-langkah berikut :
1. Nyalakan komputer, dan setelah ada reaksi di layar monitor segera tekan delete atau F2 (tergantung jenis motherboard yang digunakan ) berkali-kali sehingga komputer masuk ke tampilan BIOS, seperi gambar dibawah ( hanya contoh, tampilan BIOS bisa bermacam-macam tergantung versinya ). Saat muncul tampilan BIOS, silahkan masukkan DVD master Windows 7 kedalam DVDroom.

Cara Install Windows 7

2. Setelah masuk BIOS, pilih Standart CMOS Features atau Option sejenis untuk memastikan bahwa Hard disk dan DVDroom sudah terdeteksi.
3. Kemudian Pilih Advanced BIOS Features atau Option sejenis untuk memastikan booting awal komputer dimulai dari DVDroom. Lihat gambar dibawah ( tampilan bisa saja berbeda sesuai dengan BIOS yang digunakan ).

Cara Install Windows 7

Pada contoh gambar diatas 1st Boot device = Hard Disk, maka perlu dirubah ke DVDroom.
4. Setelah dipastikan bahwa boot pertama dimulai dari DVDroom maka tekan F10 untuk save settingan dan enter, maka komputer akan restart dan memulai booting yang diawali dari DVDroom. Saat muncul tampilan press any key to boot from cd silahkan tekan enter atau tombol lain pada keyboard, maka komputer akan membaca DVD master windows dan mulai proses instalasi, silahkan tunggu sampai loading selesai.

Cara Install Windows 7

5. Setelah loading selesai maka klik install now dan akan muncul tampilan pilihan bahasa, seperti gambar dibawah. Silahakn klik Next langsung saja

Cara Install Windows 7

6. Silahkan diikuti sesuai dengan pilihan yang tertera dan saat pengaturan partisi kamu bisa set sesuai dengan yang diiginkan, disarankan untuk install system operasi di drive C.
7. Untuk selanjutnya kamu bisa ikuti langkah-langkah sesuai dengan pilihan yang tertera pada proses instalasi, gampang kok kalo udah nyoba.
Nah kalo install windows 7 sudah selesai kamu harus install driver untuk semua device, kamu bisa download driver sesuai denga jenis motherboard yang kamu pake’, silahkan cari disini. Jangan lupa untuk install aplikasi setelah driver terinstall semuanya. Demikian tutorial cara install Windows 7 semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *