Charger Laptop Tidak Bekerja

Diposting pada

Salah satu penyebab sebuah laptop tidak bisa dinyalakan adalah battery yang kosong dan charger laptop tidak bekerja, sehingga tidak ada proses charging. Namun banyak kemungkinan terkait masalah laptop yang tidak bisa dinyalakan. Bisa karena masalah pada laptop itu sendiri namun bisa juga karena kerusakan pada charger. Maka kita harus tahu bagaimana cara untuk memastikan kerusakan sebenarnya pada laptop. Kalo kita mau lebih teliti tentu saja kita akan lebih hemat uang. Bisa dibayangkan jika kita serahkan begitu saja kepada Teknisi, tentu harga yang kita harus bayar bukan saja untuk pembelian charger namun juga untuk analisa sumber kerusakan. Maka disini kita akan bahas tentang cara memastikan kondisi charger laptop jika charger laptop tidak bekerja.
1. Cek kondisi kabel power charger pastikan tidak ada kabel yang putus. Kabel power sebuah laptop biasanya terdiri dari tiga buah kabel. Line, Netral dan Ground sebagai pengaman tegangan kejut. Untuk pengecekan kita bisa menggunakan sebuah Multitester atau peralatan sejenis.

kabel power charger laptop

2. Jika kondisi kabel power bisa dipastikan normal maka kita cek kondisi kabel output charger. Untuk melakukannya kita juga bisa gunakan Multitester, tancapkan kabel power ke sumber listrik dan cek bagian out charger, pada charger normal biasanya keluar tegangan kurang lebih 19V sesuai dengna jenis laptop. Jika tidak ada tegangan maka kabel output charger rusak, atau kerusakan bisa jadi berada didalam charger, termasuk kerusakan SCR atau Mosfet. Jika berkeinginan untuk service maka kita perlu bongkar charger, atau kita bisa beli charger baru sesuai type laptop.

Dengan cara ini kita bisa memastikan sendiri sumber permasalahan ketika sebuah Charger laptop tidak bekerja.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *