Epson TX121 Kertas Tidak Bisa Masuk dan Blink

Posted on

Temen-temen yang memiliki masalah dalam memperbaiki printer Epson TX121 kertas tidak bisa masuk dan diikuti menyalanya indikator led warna merah bisa menyimak artikel ini. Dari pengalaman, sumber masalahnya adalah karena sudah ausnya komponen loader yang berfungsi menarik kertas saat proses printing. Ausnya loader ini bisa diakibatkan karena sering digunakan untuk print dengan kertas tebal atau sering kehabisan kertas sedangkan printer masih proses.
Dalam bahasa jawa kita biasa kenal dengan sebutan “loader-nya wis lower”, yang bukan orang jawa silahkan cari kamus jawa.

Cara memperbaiki TX121 kertas tidak bisa masuk

Ada dua option untuk memperbaiki printer epson TX121 yang dilengkapi dengan copy ini, kita ganti loadernya atau kita akali sehingga kertas bisa masuk.
1. Mengganti loader dengan yang baru.
Jika kita memungkinkan dengan mudah mendapatkan spare part loader maka pilihan mengganti loader adalah pilihan tercepat dan lebih terjamin hasilnya. Silahkan ikuti langkah-langkah berikut untuk menggantinya.
1. Bongkar dan angkat bagian copy dari printer, maka loader akan terlihat.

Loader TX121

2. Lepas loader dengan melepas roda sebelah kanan terlebih dahulu dan menekan pengunci yang ada di sebelah kiri.

Roda sebelah kanan

pengunci sebelah kiri

3. Kemudian pasang loader yang sudah dipersiapkan sebagaimana posisi aslinya.

2. Memperbaiki loader yang lower
Untuk kebutuhan lebih ekonomis kita bisa memperbaiki printer TX121 yang tidak bisa menarik kertas ini dengan “mengganjel” (yg tidak bisa bahasa jawa silahkan buka kamus basa jawa) lubang as loader yang lower, lihat gambar berikut. sebelumnya kita lepas terlebih dahulu loader-nya.

loader TX121

Kemudian ganjel dengan apa saja yang bisa digunakan, pada kasus ini saya menggunakan alumunium tipis bekas grounding laptop.

as loader

Kemudian pasang lagi sebagaimana sebelumnya dan printer siap untuk running test. Semoga berhasil

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *