Fungsi Power Supply

Diposting pada
Fungsi Power Supply

Sambil santai yuk kita diskusi tentang power supply pada sebuah komputer jenis Desktop, atau dikenal dengan PC. Dalam bahasan kali ini kita fokuskan pada fungsi power supply. Power supply adalah rangkaian elektronika yang berisi system penyearah arus, penstabil penaik dan penurun tegangan dan kontrol switching yang menghasilkan tegangan atau voltage dan arus dengan beragam ukuran sehingga bisa dimanfaatkan untuk keperluan sesuai dengan ukuran tegangan dan arus yang diinginkan. Pada sebuah komputer jenis desktop, fungsi utama dari power supply adalah sebagai penyedia tegangan 12V dan 5V serta digital swith berfungsi agar tombol power sebuah komputer bisa bekerja secara digital, yang berkerja bersma-sama dengan motherboard sehingga saat tombol power ditekan komputer bisa menyala, namun tidak mati seiring dengan dilepaskannya tombol power.
Fungsi power supply adalah sebagai penyearah tegangan, dimana sumber tegangan AC 220V ( rata-rata di Indonesia ) dirubah menjadi tegangan DC.
Fungsi power supply pada sebuah komputer adalah sebagai penurun tegangan, dimana tegangan 220V di turunkan menjadi 12 V dan 5 V.

Fungsi Power Supply

Fungsi power supply pada sebuah komputer adalah sebagai pembagi tegangan, dimana 1 buah sumber tegangan, dari PLN atai Genset, setelah di searahkan menjadi DC, akan dibagi menjadi 2 yaitu 12V dan 5V yang akan dimanfaatkan oleh motherboard sebagai power dan kontrol sehingga sebuah unit komputer bisa bekerja dengan baik sebagaimana kita bisa nikmati.
Nah ini adalah fungsi power supply pada sebuah komputer secara umum.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *