HP Deskjet 1050 Blinking

Diposting pada

Printer HP Deskjet 1050 adalah jenis printer HP yang dilengkapi dengan fotokopi sehingga kita bisa leluasa menggunakan printer sekaligus fotokopi dalam satu buah paket printer, salahsatu alasan pengguna memilih jenis printer ini adalah harganya yang relatif lebih murah dibanding dengan printer jenis lain, katridnya-pun murah, separuh harga katrid Canon. Dalam posting ini kita akan membahas tentang cara memperbaiki printer HP deskjet 1050 blinking. Dimana salahsatu lampu indikator katrid berkedip-kedip dan printer tidak bisa digunakan. Sebagaimana kita tahu bahwa rasanya terlalu sulit untuk melakukan reset pada printer jenis HP, maka indikator ini menunjukkan bahwa katrid sedang bermasalah.
Pada kasus ini indikator katrid sebelah kanan (lihat gambar dibawah) berkedip terus menerus, ini adalah indikator untuk katrid hitam (black).

HP Deskjet 1050 Blinking

Cara untuk mengatasi masalah ini adalah sebagai berikut :
1. Buka cover depan dan ambil katrid hitam
2. Untuk memastikan bahwa yang bermasalah hanya katrid hitam silahkan cover ditutup kembali
3. Lakukan fotokopi warna 1 lembar saja, jika proses fotokopi berjalan lancar berarti bisa dipastikan bahwa yang bermasalah adalah hanya katrid hitam saja. Perlu dicatat bahwa printer ini bisa digunakan hanya dengan katrid warna saja tanpa katrid hitam.
4. Cek katrid hitam yang telah dilepas tadi. Bersihkan pin-pinnya sampai mengkilap ( bersih dari bekas tinta ), lihat gambar dibawah.

HP Deskjet 1050 Blinking

5. Setelah yakin pin-pin katrid hitam sudah bersih silahkan dipasang kembali dan tutup cover. Jika blinking hilang maka masalah ini disebabkan karena kotornya pin katrid hitam sehingga menyebabkan koneksi antara katri dengan carriege terganggu. Namun, jika blinking tetap terjadi maka bisa dipastikan bahwa katrid hitam minta ganti baru.
Penggantian katrid hitam pada hp ini sangat mudah, karena semuanya bisa dilihat dengan jelas. Untuk membeli katrid baru yang perlu diperhatikan adalah kode katridnya.

Seperti terlihat gambar diatas, kode katrid hitam Printer HP Deskjet 1050 adalah 61. Demikian solusi dalam memperbaiki printer HP deskjet 1050 blinking, semoga bermanfaat.

11 thoughts on “HP Deskjet 1050 Blinking

  1. Lampu indikator catridge hitam mati, tinta terputusĀ². Bagaimana solusinya untuk printer hp seri diskjet 1050?

    1. walaupun nyala jika masih bisa digunakan abaikan saja. Namun bila tidak bisa digunakan kemungkinan pin-pin katrid ada yang kotor terkena cipratan tinta, demikian juga pin-pin yang ada di bagian dudukan katrid di printernya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *