Laptop Tidak Bisa Dinyalakan Tanpa Charger

Diposting pada

Kali ini kita akan share pengalaman tentang service laptop yang tidak bisa dinyalakan tanpa charger, jadi saat menyalakan laptop harus menggunakan charger namun setelah laptop menyala charger bisa dilepaskan. Jenis laptop yang kita perbaiki adalah Netbook SMK buatan china 10,1″. Penyebab masalah ini cukup aneh dan tidak terduga, yaitu keyboard.

Jadi karena terdapat salahsatu tombol keyboard yang lengket maka netbook ini tidak bisa dinyalakan jika charger tidak dipasang. Makanya pada artikel-artikel terdahulu sering saya sarankan untuk memulai setiap perbaikan laptop dengan melepas keybaord, sebelum laptop di bungkar. Kasus ini memang jarang sekali terjadi, biasanya jika ada masalah pada keyboard laptop tetap bisa dinyalakan namun layar hitam, dan setelah tombol keybaord di tekan secara acak maka layar baru bisa menyala atau laptop menyala dan layar juga menyala namun berhenti sebelum masuk Windows.

Jadi inti dari cara memperbaiki netbook china ini adalah dengan memperbaiki keybaord yang nyantol tersebut, caranya adalah sebagaimana yang sudah kita bahas pada artikel terdahulu. Dengan memahami aturan saat bungkar keyboard maka kita akan bisa memperbaiki keybaord netbook ini dengan tanpa menimbulkan masalah baru pada keybaord tersebut. Secara garis besar langkah-langkah memperbaiki keybaord tersebut adalah sebagai berikut :

Baca juga :   Biaya Service Laptop Di Charge Tidak Masuk

1. Lepas semua tombol pada keyboard dengan hati-hati beserta dudukannya.
2. Maka akan kita temukan lembaran mika selebar keyboard, mika ini terdiri dari 3 lapis, lapisan atas berisi jalur-jalur key pada beberapa tombol keybaord kemudian diikuti lapisan tengah dibawahnya yang tidak berisi jalur apapun berfungsi hanya sebagai pemicah antara lapisan atas dan yang paling bawah adalah lapisan mika yang berisi jalur-jalur beberapa tombol keybaord. Pisahkan lapisan-lapisan mika keybaord ini menjadi dua bagian, pastikan kita sudah memahami aturannya.
3. Kemudian gunakan bedak bayi untuk menjaga agar keyboard tidak nyantol lagi di kemudian hari
4. Rakit kembali semua komponen keyboard dan silahkan dipasang pada netbook dan test untuk menyalakan netbook menggunakan battery saja, maka netbook sekarang sudah bisa dinyalakan dengan normal.

Baca juga :   Laptop Ini Charger Dilepas Langsung Mati, Kenapa Yha

Ini adalah pengalaman saya dalam memperbaiki Laptop tidak bisa dinyalakan tanpa charger, semoga bermanfaat

17 thoughts on “Laptop Tidak Bisa Dinyalakan Tanpa Charger

  1. misi gan,saya mau tanya. laptop ane kejadiannya seperti yang di atas,tapi laptop ane mereknya acer 4755g,kejadiannya gak bisa hidup kalo gak di charger padahal baterainya masih bagus,terus pada saat hidup tiap beberapa menit langsung mati kemudian hidup lagi sendiri. itu masalahnya apa ya mas?terus solusinya gimana?mohon bantuannya mas.thanks banget

  2. Maaf mas agus… saya minta bantuan.. laptop saya asus a45vd.. keluhan swperti yang diatas.. laptop bisa menyala hanya denga bantuan charger.. saya sudah coba lepas keyboardnya.. tapi masih saja g mau nyala.. dvd rw,hdd dan lainnya sudah saya coba tapi hasil masih sama kecuali kalo saya lepas ram.. mohon bantuannya.. makasih

  3. maaf gan q mau tanya,
    laptop aq lenovo g-45, habis aq Upgrade driver bios versi diatasnya, pas proses instalasi krena lama jd aq Mati'in Paksa. stelah itu laptop gk bisa nyala ketika ada batterainya tp bgitu aq lepas batt.nya n aq pakek charger LP aq baru mau nyala.
    Lalu ktika dlam keadaan nyala dg charger aq pasang batt.nya LP aq langsung Mati .
    Nah klw kndalanya sprti itu gimana solusinuya gan…??
    Mohon bantuannya.

  4. Ma'af Gan mau tanya, laptop sy acer aspire 4752, kl mau dinyalakan hrs dipancing dl dengan charger, tp kl sdh nyala kita lepas charger, laptop tetap nyala normal, kondisi baterai bagus (baru) keyboard sdh dilepas, kira2 apanya gan yg bermasalah, mhn pencerahannya n terimakasih sblmnya..

  5. Misi Gan , Laptop Saya Merk Asus X441S , waktu saya colokin kabel Chargernya laptop normal normal saja , nah setelah saya copot kabel Chargernya langsung mati , nah sebelum masalah ini ada 1 keyboard ( CTRL ) saya yang copot , jadi saya pasang , tapi tidak bisa bisa juga , jadi saya biarin sampe sekarang , jadi supaya laptop kembali normal Gimana gan??

      1. Sama seperti laptop saya, laptop saya batrainya jenis batrai tanam, trus harus dicharger kalo mau dimainkan, kalo ga dicas dia mati, tapi pas dicas 50% mulu, mohon sarannya gimana. Trus kalo diganti harga batrainya brp ya?

      2. Sama seperti laptop saya, laptop saya batrainya jenis batrai tanam, trus harus dicharger kalo mau dimainkan, kalo ga dicas dia mati, tapi pas dicas 50% mulu, mohon sarannya gimana. Trus kalo diganti harga batrainya brp ya?
        aa

      3. Sama seperti laptop saya, laptop saya batrainya jenis batrai tanam, trus harus dicharger kalo mau dimainkan, kalo ga dicas dia mati, tapi pas dicas 50% mulu, mohon sarannya gimana. Trus kalo diganti haaaaaarga batrainya brp ya?

  6. Gan,laptop saya lenovo ideapad s210 touch mengapa laptop saya tidak bisa dihidupkan langsung dengan tombol power on/off,bisanya kalau menggunakan charger,setelah itu saya lepas chargernya laptop saaya mati dan tidak bisa dihidupkan tanpa charger yg menempel di stop kontak,gimana ya gan kalau begitu?

  7. Kk tny dong. Pas idupin laptop, lmpu on nya nyala, tpi layarnya g nyala cuma blank item, kukira mngkin low bat, lngsng pasang chrger, eh lngsng nyala layarnya. Ya kupake lptop sambil chrger ttp trpsng. Pas ngerasa uda full baterainya aku copot , eh lngsng blank lagi, kupasang chrger lg nyala lgi .. :/
    Itu apakh krn keyboard yg sperti kk jlskn?
    Soalnya laptopnya bisa on, cuma kalo g psng chrger layarnya g mau nyala.. :/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *