Laptop tidak bisa masuk Windows

108 views

Pada kondisi tertentu kita sering mendapati laptop tidak bisa masuk windows tapi tidak hang atau macet, ditandai dengan bisa menyalanya lampu caps lock saat tombol caps lock di tekan, dan jug abisa dimatikan. Ada dua kemungkinan jika laptop tidak bisa masuk windows
1. Windows corrupt karena virus. Corrupt maksudnya adalah terdapat beberapa komponen penting windows yang hilang, terhapus oleh virus atau ter-hidden ( disembunyikan ) oleh virus juga.
2. Hard disk bad sector. Jika posisi piringan di dalam hard disk ada yang bad atau rusak, atau lebih dikenal dengan bad sector, dimana beberapa sector pada piringan hard disk tidak bisa bekerja, sedangkan disama terdapat beberapa komponen windows, maka otomatis windows tidak akan bisa bekerja, atau bisa bekerja namun error disana sini. Nah jika komponen booting windows terdapat pada bagian bad sector tentu saja Laptop tidak bisa masuk Windows.

Laptop tidak bisa masuk Windows

Ini adalah penyebab umum kenapa sebuah Laptop tidak bisa masuk Windows namun tidak hang. Untuk service komputer dengan kerusakan seperti diatas maka kita bisa melakukan langkah-langkah berikut untuk memastikan sumber kerusakan yang sebenarnya.
1. Bongkar komputer dan lepaslah kabel data yang menuju hard disk, kemudian bersihkan konektor pada hard disk dan pada kabelnya menggunakan sikar kering. Hal ini dilakukan sebagai antisipasi jika penyebabnya adalah kurang lancarnya konektifitas antara hard disk dan motherboard. Setelah bersih lakukan test komputer.
2. Jika cara pertama tidak berhasil, maka kita bisa pilih untuk repair windows atau repair hard disk atau install ulang. Jika repair windows kamu harus memiliki master CD windows yang typenya sama dengan windows yang telah terinstall di dalam komputer, tidak ada resiko data di driver C hilang. Jika kita memilih repair hard disk maka kita butuh CD Hieren’s atau software tool lain yang sejenis, untuk hieren’s kami biasa menggunakan tool regenerator hard disk untuk memperbaiki bad sector pada hard disk, langkah ini juga tidak beresiko menghilangkan data di driver C. Namun, jika kita pilih install ulang windows maka so pasti data di driver C akan di format seiring proses instalasi windows.
Ini adalah cara menemukan sumber penyebab dan cara service Laptop tidak bisa masuk Windows, semoga bermanfaat.

  1. author

    abdul latief4 years ago

    laptop saya advan tidak bisa ngangkat minta restart terus udah di lakukan tapi tidak ngangkat juga

    Reply
  2. author

    Muhammad Agus Ismail4 years ago

    abdul latief…
    Windowsnya normal tidak mas? coba masuk save mode bisa g?

    Reply
  3. author

    Rasya Alfaro4 years ago

    laptop saya mas ketika dinyalakan hidup tapi ketika nyampek pada baca'an asus kembali lagi ke depan itu apanya yg rusak ya.

    Reply
  4. author

    Muhammad Agus Ismail4 years ago

    rasya…
    ada bluescreen ga gan??

    Reply
  5. author

    Rizky Reynaldi3 years ago

    Na saya juga kayak diatas gan ? Asus masuk loding trus ada layar biru ada tulisan" ( cepet langsung ilang ) trus balik lagi ke asus.gitu trus. Knp ya gan ?

    Reply
  6. author

    Muhammad Agus Ismail3 years ago

    cek dulu ke BIOS, rubah IDE konfigurasinya, kalo tetap ya panasi vga-nya mas

    Reply
  7. author

    Cynthia L1 year ago

    Thank you for sharing this, we can discuss about this. I was recommended a free data recovery software named MiniTool Power Data Recovery. Have you heard about it? My friend said it was efficient and convenient.

    Reply

Leave a reply "Laptop tidak bisa masuk Windows"

author
Buru Computer, Jenangan Ponorogo