USB Komputer Tidak Berfungsi

Diposting pada

Sebagaimana kita tahu bahwa hampir semua komputer memiliki perangkat port USB yang bisa digunakan sebagai konektor peralatan input seperti flashdisk, printer, camera, portable hard driver dan peralatan lain yang bisa diakses menggunakan komputer. Port USB ini ada yang menjadi satu dengan motherboard yang letaknya di bagian belakan kesing komputer PC, yang lain diletakkan di bagian depat kesing menggunakan jalur kabel yang juga dihubungkan ke motherboard. Biasanya yang cenderung lebih cepat rusak adalah port USB depan karena lebih sering digunakan.
Nah dalam bahasan kali ini kita akan share tentang cara memperbaiki USB komputer yang tidak berfungsi, atau kadang berfungsi kadang tidak. Kita mulai dari port USB depan, jika ketika kita mencolokkan flashdisk, misalnya, atau peralatan lain, namun komputer sama sekali tidak mendeteksi adanya flashdisk tersebut, maka ikuti langkah analisa sebagai berikut.
1. Cek menggunakan flashdisk lain untuk meyakinkan bahwa flashdisk tidak bermasalah.
2. Coba untuk menekan flasdisk lebih kencang dan gerakkan (diongkek) sedikit keatas dan kebawah dengna hati-hati dan lihat efeknya di layar monitor, jika ternyata kadang konek kadang tidak maka port USB komputer kamu lower atau sudah tidak perawan lagi sehingga kendor, untuk memperbaikinya silahkan pegas yang ada pada bagian dalam port usb di kencangkan, untuk langkah ini kamu bisa gunakan jarum. Namun jika digerak-gerakkan juga tetap tidak terdeteksi silahkan dilanjutkan analisanya.
3. Bersihkan port USB komputer kamu menggunakan sikat gigi kering yang sudah tidak terpakai. Semprotkan sedikit CCcleaner untuk mempercepat pekerjaan. Jika tetap belum berhasil lanjutkan ke langkah 4.
4. Buka kesing komputer sebelah kiri ( pada kesing model standart ) dan cari kabel yang menghubungkan port USB depan ke motherboard. Pastikan bahwa kabel terhubung dengan baik ke motherboard tanpa ada yang putus, coba untuk memindah ke port USB 2 di motherboard jika memungkinkan. Jika everything OK namun flashdisk tetap tidak berfungsi maka kerusakan pada motherboard dan terpaksa kamu harus menggunakan port USB bagian belakang kesing.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *