Laptop Lampu Power Nyala Sebentar

Posted on

Ini adalah salah satu jenis kerusakan laptop pada motherboardnya dimana jika laptop dinyalakan dengan menekan tombol power maka lampu indikator power akan menyala tanpa ada tampilan apapun yang muncul di layar LCD dan selang beberapa detik laptoppun akan mati sendiri. Kondisi ini terjadi saat laptop menggunakan charger saja atau battery saja atau kedua-duanya.

Laptop Lampu Power Nyala Sebentar

Penyebab laptop nyala sebentar

Kenapa laptop bisa menyala lampu indikatornya namun hanya selang beberapa detik mati lagi? Yang jelas kerusakan laptop tersebut adalah pada motherboardnya dimana terdapat bagian tertentu pada motherboard yang tidak pada kondisi normal, bisa saja ada bagian komponen yang rusak short atau konslet ke bagian ground, atau ada ic yang solderan kaki-kakinya mulai melemah atau berkerak sehingga mengakibatkan koneksi antara ic tersebut dengan komponen lain terganggu maka arus (ampere)-pun akan naik dengan sendirinya, hal ini mengakibatkan system proteksi melakukan pemutusan arus karena melebihi standart yang sudah di tetapkan, laptoppun mati lagi. Penyebab lain adalah karena kerusakan beberapa komponen power yang tidak terhubung secara langsung ke ground, misalnya sebuah deoda yang putus atau ic power (sekunder) yang putus bagian sumber dan outputnya, namun biasanya kalau kerusakannya adalah putus laptop akan restart, tidak mati.
Kapasitor yang short ke ground juga bisa menyebabkan sebuah laptop langsung mati sebelum memulai proses booting, bahkan sebelum menampilkan apapun ke layar lcd.

Cara memperbaiki laptop nyala sebentar dan blank

Cara memperbaikinya adalah sesuai dengan sumber penyebab kerusakannya, jika ada komponen yang rusak tentu saja harus di ganti dengan yang normal demikian juga jika komponen-nya putus.

Video : Pasang Kapasitor Laptop boleh dibalik tidak?, silahkan simak jawabannya dan jangan lupa subscribe yha, terimakasih

186 thoughts on “Laptop Lampu Power Nyala Sebentar

  1. Mas / Mbak Mohon bantuannya ya..
    Netbook temen saya ( ASUS Eee PC 1215P ) kalau di shutdown, semua program tertutup (normal ), tetapi lampu power & Kipas tetep nyala, untuk mematikan harus cabut batre karena tekan tombol power yg lama tetep gak mati.. Kira2 yang error apanya ya ?
    Harddisk sudah saya abil dan booting menggunakan Mini XP, tapi tetep aja sama.
    Mohon bantuannya

  2. hitejo…
    ada banyak kemungkinan jo,, bisa saja ic dengan seri ENE… (biasanya) bermasalah, ic ini yang mengontrol langsung tombol ON/OFF. namun bisa juga ic power utama kondisinya mau mati (setengah mati)… dicoba saja menggunakan charger tok tapa battery jika normal berarti bisa jadi ic aharger yang bermasalah. semoga bisa membantu. mhn mf balesnya lama karena ada kesibukan

  3. laptop saya suka blank layar tp power nyala … kl dah brp kali di matikan cbt memori msh ttp tp kl semua yng saya sebutin dilakukan msh blank .. didiemin sekitar 15 mnt normal lg .. kira2 penyakitnya apa yah

  4. Malam pak agus, laptop saya acer E1-421 . jika ditekan tombol power lampu indikator menyala 2 detik langsung mati lagi, kira kira kerusakan pada bagian apa pak?
    Apakah masih bisa diservis atau harus ganti motherboard?
    mohon bantuannya pak, terima kasih

  5. perlu diketahui buat temen2 yg kasusnya seperti punya agan garichu, penyebabnya bisa beragam, biar lebih aman selalu clear dahulu batt cmosnya sapa tahu bisa normal kembali tanpa ada resiko yg lebih berat. Jika masalah belu teratasi baru analisa lebih lanjut.

  6. Mas saya punya laptop acer yang bermasalah.
    Saat laptop di gunakan terkadang tiba tiba windows langsung muncul force shutdown secara tiba tiba seolah ada yang kontrol untuk matiin. dan setelah mati laptop tidak mau nyala saat ditekan power, namun saat adaptor charger di colok pada slotnya tiba tiba lptop nyala sendiri tanpa menekan power, namun belum sempat masuk windows mati lagi. namun jika lama di diamin laptop nyala kembali dengan normal mas namun yaaah gitu tiba tiba ketika digunakan muncul lagi perinta windows untuk force shutdown.
    Ini apanya yang bermasalah yah mas? mohon informasinya

  7. Assalamu'alaikum mas Agus..
    lapto dell inspiron ku kalo ditekan tombol power lampu indikatornya cuma nyala 1-2 second stlh itu restart lagi.. tapi kalo RAM nya dilepas prosesor + kipasnya bisa nyala.. kira2 yg rusak dmn ya mas ? skalian minta solusinya.. matursuwun

  8. mohon bantuan mas,
    laptop toshiba L645 vga ati 5470.
    ngeblank layar gak nyala, tp indikator hdd bekerja & kipas nyala.
    pas buat nonton kartun tiba-tiba warna kacau & speakernya ngerik tak tunggu lama tetep gitu aja akhirnya tak matiin tombol power langsung. begitu dinyalain udah gak bisa lagi.
    udah tak bongkar, gnti ram tetep gak nyala, sirkulasi udara udah tk bersihin juga, utk batre & charger kondisi gak ada masalah.. mhn solusinya…

  9. Mas, notebook saya ASUS X200CA.
    kadang-kadang saat di shut down, lampu indikatornya nyala terus, saya tunggu berjam-jam ngga mau mati sampai baterainya habis. Tapi terkadang saat di shutdown lampu indikatornya mau mati. itu kenapa ya?padahal sudah saya pastikan posisi notebooknya shutdown bukan standby. Sudah saya services berkali2, tp menurut tempat servicesnya ngga ada masalah dan dicoba ditempat servicenya lampu indikatornya mau mati. Dan saat saya pakai beberapa hari kumat lagi, lampu indikatornya ngga mau mati lagi biasanya ini terjadi saat notebook dipakai cukup lama minimal 2 jam.
    mohon masukan solusinya

    Terimakasih,
    Singgih

  10. Prediksi, kok kelihatannya ada capasitor yang sudah mulai setengah mati, jadi proses pembuangan muatan saat shutdown tidak sempurna, aau terdapat dioda yang tidak normal, dioda yg berfungsi sebagai pembuang muatan sisa

  11. mas tolong bantuin dong,,!! saya punya laptop acer aspire 4739
    masalahnya di hidupkan baru sebentar beberapa menit mati di layar dan lamp indikatornya berkedip-kedip (lamp berkode bola lamp) kemudian di tekan tombol enter atau tombol spasi hidup lagi terus mati lagi di layar ,(terus menerus …, apa masalah dan kerusakan itu mas apa harus ganti moderboad,,!!!!

  12. permasalahan notebook ane sama seperti xavl bro. tombol power baru di tekan. 1-2 detik lgsg mati lg. padahal sebelum ini normal. ini permasalahannya dimana? dan kalau di service harganya kira2 berapa? notebook ane asus 1015b.

  13. permasalahan notebook ane sama seperti xavl bro. tombol power di teken, cuma lampu indukator yg nyala. 1-2 detik lgsg mati lg. padahal sebelum ini normal. ini permasalahannya dimana? dan kalau di service harganya kira2 berapa? notebook ane asus 1015b.

  14. Assalamu'alaikum Mas Muhammad Agus Ismail
    mohon bantuannya…
    netbookku asus 1215p kalo dihidupkan indikator powernya aja yang hidup, sedang indikator hdd mati,pernah hidup sebentar cz ada perintah repair (recommend), untuk start normally gak bisa.Kemarin tak ambil hardisknya lalu tak pasang di cpu lalu tak install di cpu, hasilnya normal-normal aja gak da masalah. Kemudian hardisk tak pindah lagi di netbook, tapi hasilnya sama, indikator powernya aja yang hidup.
    keyboard netbook dah tak cabut dari sekatnya mas, aq pake keyboard external kalo mo ngetik di netbook.
    Matursuwun atas solusinya Mas Agus .

  15. slamat siang Pak Agus,, mohon bantuan nya.
    masalah d laptop saya tu kalo di hidupin bbrap detik kmudian mati lagi. bhkan blum bsa masuk ke bios udh mati. jdi begitu tekan power (hidup) mati lagi!!
    cara mengatasinya tu gmna ya ?

  16. sore pak agus
    laptop saya asus a45a, kendala laptop saya pas ditekan tombol powernya lampu power nyala dan langsung mati. selalu kayak gitu mas, kalo pake adapter nyala lampu powernya cuma sekali. kalo adapter ke colok lampu indikator pengisian baterai nyala. kendalanya apa itu ya mas. mohon bantuannya. terima kasih

  17. assalamualaikum mas agus, saya punya laptop dell, hardisknya gak ngedetect, tapi kalau hardisk saya cabut, terus dipakein casing external, hardisknya bagus mas, data kebaca semua, kira2 yg rusak apanya yah mas, mohon infonya y mas, makasih

  18. kum salam mas abu
    hardisk tidak detek bisa mcm2 penyebabnya, utk lebih yakin bisa di test pake hardisk lain, kalo tetep tdk mau detek yg bisa dicoba lakukan :
    pemanasan chipset i/o, flash bios, dan cek sumber tegangan yang ke sata, semoga bisa membantu

  19. terimakasih mas agus atas sarannya, sekarang sudah normal lg laptopnya, nah skrng saya mau ngrepotin lg nih mas. laptop temen saya acer 4736, masalahnya setiap loading mau masuk windows ( masih ditulisan windows 7 yg layarnya hitam ) itu lngsung mati total mas. nah saya instal ulang juga waktu proses di windows 7 mati juga, saya coba instal pake hdd saya juga sama,, kira2 apanya y mas, makasih sebelumnya mas agus..

  20. mas agus, saya punya masalah yang sama dengan saudara ivan excel namun saya belum sempat coba mengganti ramnya dengan ram yang lain karena sedang di coba di perbaiki oleh rekan saya yang seorang teknisi dan bilang sudah dicoba dicek bagian icnya tetap nihil.. nah, saya pernah mencoba membongkar laptop saya buat mengutak atik.. saya coba lepas 2 ram yang saya gunakan, setelah saya nyalakan laptopnya menyala tidak cuman lampu power menyala lalu 2 detik mati, tapi disitu yang saya herankan hardisknya berputar kok kipas pendinginnya tidak ikut berputar.. kira2 ada masalah apa? laptop saya asus n56vz

  21. assalamualaikum mas / mbak.
    saya mau nanya kenapa ya komputer PC saya itu kalo dinyalain susah.setelah tombol power di pencet itu komputer enggak langsung nyala.kalo lagi beruntung itu saya pencet tombol power nya pagi ,siang atau sore nya baru nyala n jalan normal.kadang malah komputer yang nyala kipas nya aja walaupun udah didiemin satu hari satu malam.jadi kalo pas kebetulan nyala itu komputer gak pernah saya matiin,sampai sampai aimp nyalaterus 24 jam walaupun diposisikan mute.biar komputer tidak tidur.kalo sampai tidur itu komputer kayak mati suri lagi.mohon pencerahan nya.oh iya saya juga sudah memakai stabilizer.
    terima kasih sebelumnya

  22. setelah baca komentar dari awal sampai akhir,ternyata permasalahan sama dengan yg mo saya tanyakan. notebook ane asus 1015e tombol power kadang cuma di raba bisa nyala, tp 2-3 detik mati lagi. pernah saya bongkar dan saya lepasin semua komponen yg nempel dan saya idupin tetep sama. saya coba congkel2 bagian tombol power trus saya coba idupin bisa normal sampai berjam2 gak mati.trus say pasang kembali dan saya idupin komat lagi. sampai bingung pala ane mas… kira2 apanya ya mas… kadang tombolnya cm di raba bisa nyala, harusnyakan di teken…
    mohon solusinya mas…

  23. hi hanif, kayaknya kita pernah share juga pengalaman kasus yang sama, tapi g tau pada posting yg mana.
    Jadi kalo tombol power dilepas normal itu udah jelas kasus di tombol power. tombolnya pake yg tombol digital tipis itu ya?

  24. apa iya mas?udah lupa juga aku mas he.. maklum, aku suka berburu info mas wkwkwk… tombolnya klo di buka keyboardnya cuma bulet kecil mirip tanda titik mas. trus apa harus diganti ya mas?

  25. Mas laptop saya tidak mau menyala lcd nya ,namun lampu indikator pada keyboard menyala ,karena beberala hari yang lalu laptop saya ketumpahan air ,namun setelah saya keringkan laptop normal 2 hari ,namun sekarang tidak mau menyala lcd nya tetapi lampu indikator menyala ,gimana solusinya? Terimakasih

  26. Mas laptop saya tidak mau menyala lcd nya ,namun lampu indikator pada keyboard menyala ,karena beberala hari yang lalu laptop saya ketumpahan air ,namun setelah saya keringkan laptop normal 2 hari ,namun sekarang tidak mau menyala lcd nya tetapi lampu indikator menyala ,gimana solusinya? Terimakasih

  27. Mas laptop saya indikator nyala tapi lcd gak nyala ,, padahal laptop baru nyala beberapa jam ,lalu ada notice apa saya juga gak tau lalu mati, lalu saya nyalakan lagi lcd gak nyala tapi indikator dan tombol power nyala,, gimana solusinya mas/mbak,,,,.??????????

  28. Mas, laptop saya begitu juga nih ACER Aspire ES1-431, saya kira cuma boot loop, tapi saya belum mengerti di elektronik, dibawa ke Service katanya ganti motherboard, motherboard kan mahal sampai 2 juataan.. masalahnya hanya seperti gagal booting mas, HDD LED hidup tanpa menampilkan apa apa, beberapa detik restart, hidup lagi, layar tetap black, mati lagi, hidup lagi

  29. Assalamualaikum, mas saya mau tanya nih laptop saya asus kalo saya pencet tombol power nyala cuma 2 detik lalu mati dan hard disk mengeluarkan bunyi bip 1x itu kendalanya dimana ya?? Apa dibatere cmos apa di komponen ya mas??
    Terima kasih

  30. wah mas tipe sama kejadian persis sekali kyak punya saya. dinyalakan power menyala dan kipas jalan hanya 2 detik mati lagi. nah IC-VGA itu yang mana ya mas? saya sudah coba bongkar baru sampai lepas casing saja. tidak tau tiap bagian nya. terimakasih

  31. malam Pak Agus,laptop saya toshiba satellite L40-A,saat di nyalain,layar blank lampu led powernya sebentar hidup,kemudian mati lagi,berulang kali gitu pak,terus sy coba lepas RAM,kemudian sy nyalakan kembali,lampu led powernya stay aja tanpa ngereset lagi,lalu sy pasang kembali RAM nya,terus nyalakan kembali,lampum led sempat mati sekali kemudian nyala dan barulah laptopnya berjalan normal,sudah ganti RAM,tetap aja gitu pak..
    mohon solusinya…terima kasih..

  32. Trimkasi pak udh mau Share Artikel ini, artikel ini sesuai dgn yg sya hadapi skrng cukup membingungkan, yg jdi pertanyaan sya, apa punya sya termasuk Motherboard'a jga yg bermasalah,,,,,,?? tdi awal'a sma seperti yg ada di artikel ini, tpi pas sya ganti kardisk ternyata dia bisa normal, pas sya copot hardisk dan mencoba kembali ternyata dia gk mau lgi, pdahal udh berbagai hardisk dan Ram sya cobain ttp aja nyala sebentar lalu mati lgi, jdi kasus seperti ini solusi'a gmna Pak, mohon penjelasan'a
    Trimaksi byk Pak

  33. Tdi malem laptop saya cas sampai full, trus pas tdi pagi ga bisa hidup. Dihidupin cuma muncul lampu indikator warna merah kedap-kedip. Jika sambil dicas bisa hidup sampe logo doang, trus mati lagi. Itu kira2 kenapa gan? Trus klo diperbaiki butuh biaya berapa? Laptop saya lenovo s20-30

  34. laptop saya probook HP i5,masihh baru banget belum sempet dipake. terus sekarang di colokin charger di pencet tombol power ga mau nyala, dan indikator lamp di power sama battery nyala kedip-kedip. lihat di adaptor charger lampunya fine aja kaya ga ada masalah. dicoba tekan power tanpa colokin charger, masih tetep gamau nyala. itu kenapa ya? benerinnya kira2 berapaan? thanks mas

  35. Mas saya surya laptop forsa/clevo w860cu laptop bisa nyala lcd blank indikator power nyala indkt hd gak nyala trus sebentar indikator cpslock nyala trus laptop mati sendiri kira2 apanya ya mas soalnya sy belinya udah second. Kira2 klo dikirim kesana bisa gak ya

  36. biasanya klo kyak gitu ada komponen Mobo.nya yg gx bekerja scara normal .
    ane juga udah pernah nglamin masalah gituan .
    Oh iya gan Mohon bantuannya :
    laptop ane accer ada bulatan hitam di monitor .monitor gx nampilin ap ap slain bulatan hitam , gara" laptop sering ke habisan batrai malah jadi kaya gitu . Mohon bantunnya Gan

  37. Mas lapotop asus x453 saya mati yang nyala cuma indi lcd yang berkedip kedip,says coba cas yang nyala juga indi lcd dan indi casan malah ga nyala.
    Saya coba biarin di cas sekitar 15 menit dg lampu indi lcd berkedip2 hasilnya ada bau angus dr laptop langsung saya cabut lg casanya
    Itu kira2 kenapa ya mas?

  38. Assalamualaikum. .
    Mas agus saya tadi baca postingan mas di blog. .mau tanya mas..semalam saya main game sampai malam..namun pas dihidupkan paginya yang nyala cuma lampu indikator dan baterai..owh iya mas baterainya dah bocor..jadi harus pake adaptor terus..laptop saya asus mas..mohon pencerahan mas..

  39. nice post bang,.
    salut ane masih ada orang baik kaya ente gan,.
    saya baca'' komentar dari atas smpe bawah dan saya liat semua komentar itu di balas ,. mulai dari 2014 hingga sekarang,.
    sumpah salut ane gan,. smoga panjang umur & sukses selalu gan,.
    ehhh saya juga mendapati masalh seperti topik gan,.
    bismillah,. smoga berhasil

  40. Assalam Pak..
    Laptop saya masalah nya Persis seperti Artikel yang bapak Post… Yang Pingin Saya Tanya apakah Ic nya panas bila di nyalakan pak??? soalnya sudah saya coba jalankan terus saya kontrol alat2 nya… yang lain normal2 saja, hanya Ic Nya Yang Panas… apa harus di ganti Ic nya pak??? makasih sebelumnya

  41. Assalamu'alaikum wr.wb.
    Pak, saya mau konsultasi, laptop acer aspire 4741 saya juga mengalami seperti itu, dimana ketika dinyalakan sebentar, 1 menit setelahnya tiba2 mati, setelah dibawa ke acer center, pihaknya langsung merekomendasikan perlu diganti motherboard seharga 1,3 juta nya, tanpa dikasih tau penyebabnya. Tapi saya berkeyakinan kalau motherboardnya masih baik, belum rusak.Kira-kira saya harus gimana ya pak?
    Saya juga ingin tanya, kalau hardisk di laptop itu di ambil, trs kira2kita bisa nyalain laptopnya atau tidak ya pak? Terimaksih

  42. Waalaikum salam,
    hi tri…
    Laptop kalo hardisknya diambil tetap bisa nyala tapi tidak bisa masuk windows.
    Kalo kasusnya seperti itu memang masih biasa diperbaiki inshaAllah, ada beberapa komponen yang perlu diganti di bagian motherboard. Kalo memungkinkan kamu bisa cek jalur VCore disana ada kapasitor yang perlu di test kondisinya… tapi musti bisa pegang solder tri, kalo ragu ya mending dibawa ke teknisi terdekat yang bisa dipercaya, ato kirim kesini juga bisa,

  43. malam pak agus maaf saya mau nanya laptop saya acer aspire 4830z masalahnya ketika mau dihidupin ditekan tombol power nya hanya indikator lampu power nya saja yg nyala kira-kira 5 detik mati lagi tanpa ada indikator lampu harddisk menyala sedikitpun dan tanpa ada tampilan di layar .terus ketika dalam keadaan matipun dibagian motherboard antara bagian cpu dan chipset pokoknya engga jauh dari bagian itu selalu berbunyi seperti ada yg konsleting .bagaimana cara memperbaiki dan mengetahui kerusakannya ya pak agus .mohon bantuannya

  44. hi rizqie, bunyi ciiit gitu yha? kemungkinan ada yg ga beres itu. coba ditelusuri level2 tegangannya apa yg tidak normal, gunakan skema biar lebih terarah. coba sentuh2 komponennya ada yg panas banget apa tidak

  45. Saya punya masalah yang sama dengan netbook Acer, saya sudah bawa ke tempat serpis dan dia mengatakan sore itu juga bisa selesai namun sampe 7 hari belum selesai juga, apa bisa selama itu kerjanya pak?

  46. mas mau tanya, laptop saya toshiba satelite L740 kan kena air, kemudian saya lap sampai kering, terus saya nyalakan bisa, tapi kemudian beberapa menit layar muncul gari2 warna ndak beraturan, kemudian saya forceshutdown, dan saya nyalakan, sama lagi, terus saya forceshutdown lagi, la terus saya tekan tombol powernya, laptop saya cuma nyala kipas, indikator charger, kemudian selang beberapa detik mati lagi, terus nyala, mati lagi, gitu terus sampai saya cabut powernya, mohon solusinya mas?

  47. Mas saya mau tanya laptop saya hp pavillion dv3-2114x,laptop ga kuat nyala,hanya lampu power nyala sebentar, sebelumnya jika seperti saya cabut adaptornya lalu nyala, dan skrg ga bisa,battery saya pun sudh memang sudah bocor tp sebelumnya bisa2 aja karena adaptor nyolok terus, kenapa ya mas.
    Apakah adaptornya,battery atau apa ya mas ?terimakasih.

  48. Tolong bantuannya mas agus..notbook sy acer aspire one 722 terakhir kali dipakai masih nyala tgl 10 trus sy matikan dan tdk prnah dipakai lagi sampai tgl 15 sy kembali lalu saya nyalakan sdh tdk bisa nyala..lampu power nyala beberpa detik dan ada suara kipas jg tapi tdk ada tampilan di layar lampu power pun mati…kira2 apa kerusakannya ya mas?
    Kalau batrenya sdh lama ga bisa di charger waktu itu disimpan lama dlm kondisi kosong lalu pas dinyalain sudah tdk bisa ngisi harus nyala sambil di colok chargerannya…trima kasih sbelumnya mas agus

  49. Tolong bantuannya mas agus..notbook sy acer aspire one 722 terakhir kali dipakai masih nyala tgl 10 trus sy matikan dan tdk prnah dipakai lagi sampai tgl 15 sy kembali lalu saya nyalakan sdh tdk bisa nyala..lampu power nyala beberpa detik dan ada suara kipas jg tapi tdk ada tampilan di layar lampu power pun mati…kira2 apa kerusakannya ya mas?
    Kalau batrenya sdh lama ga bisa di charger waktu itu disimpan lama dlm kondisi kosong lalu pas dinyalain sudah tdk bisa ngisi harus nyala sambil di colok chargerannya…trima kasih sbelumnya mas agus

  50. Malam pak agus, laptop saya acer E1-471G . jika ditekan tombol power lampu indikator menyala 2 detik langsung mati lagi, kira kira kerusakan pada bagian apa pak?
    Apakah masih bisa diservis atau harus ganti motherboard?
    mohon bantuannya pak, terima kasih

  51. mas, saya ingin bertanya. laptop saya tipe asus a43sj kalo dinyalakan selalu force restart hingga 3 kali, setelah 3 kali laptopnya nyala seperti biasa.
    itu kira2 penyebabnya apa ya mas ?
    terimakasih

  52. Selamat malam mas saya mau tanya laptop saya asus, permasalahannya saat saya menghidupkan laptop tidak mau menyala layarnya padahal tombol bagian bawah seperti baterai itu nyala hanya saja bagian kipas tidak mwnyala kira2 kenapa ya mas mohon bantuannya twrimakasih.

  53. Iya mas, tadi sudah sempat saya lepas batrainya dan saya pasang kembali tetapi gak ada perubahan. Namun setelah saya perhatikan lebih dekat ternyata nyala mas hanya saja lampu layarnya gak hidup sehingga jika dilihat dari dekat tidak ketahuan jika laptopnya hidup. Kira2 Kenapa ya mas?

  54. mohon bantuannya mas, laptop saya hp 430, pas dihidupkan layarnya hitam, lampu indikator menyala, kipas juga menyala tapi setelah beberapa detik laptop mati dengan sendirinya, sebelum kaya gitu layarnya sempat muncul garis" aneh lalu macet, lalu saya tekan tombol power sampe mati dan saya hidupkan hasilnya kaya saya terangkan tadi, itu kira" kenapa ya mas mohon bantuannya…

  55. Mohon bantuanya gan….saya punya laptop msi baru 2 bulan saya beli….problemnya kyak teman2 diatas yaitu jika tombol pwer ditekan baru beberapa detik mati lagi…itu penyebabnya kna ap…ap bisa diperbaiki or ganto montherboard.tks

  56. mas, ane punya laptop acer 4763z.. kalau dipasangin batre, nyala hanya sebentar kemudian mati.. tapi kalau tanpa batre, bisa tahan nyala seharian.. tp kalau pake batre, nyala hanya sebentar saja. itu penyakitnya apa ya mas.? sdh nyoba sampai 4 batre, tetep aja penyakitnya.

  57. Mas, laptop saya dell inspiron. Ada masalah saat posisi sudah mati beberapa jam kemudian tiba tiba nyala sendiri, pas nyala mau masuk boot logo dell langsung mati, kemudian beberapa menit nyala sndiri lagi dan terus brulang.. Kira kira itu penyebabnya apa mas?

  58. mas sy minta bantuan dan pencerahany, sy punya latpop core i5 lenovo g40-80 kasusy sm seperti postingn d atas d hdupkn lampu indikator hdup sebentar kemudian mati, sy minta bntuay mas,
    kira laptop tipe itu cara mengecek yg rusak bgaiMana ya mas trimakash

  59. Mas, masalah saya sdkit unik nih. Sebelumnya ga ada problem apa" sampai saya matikan pun normal trus saya tinggalkan 2 jam an. Pas dipencet tombol power tampilan normal indikator normal tapi ga sampai 5 detik mati sendiri. Kalau pasang hdd matinya pas loading windows, pas lepas hdd nyoba masuk bios ga sampai 5 detik tetap mati sendiri. Mohon pencerahan

  60. Barusan gejalanya bertambah, pas dinyalakan otomatis masuk menu bios padahal ga dipencet f2 bahkan fleksibel keyboard saya lepas tetap masuk ke bios. Itu kenapa ya ? Ada kontak yg bisa dihubungi ga ? Mau konsultasi masalah laptop, mau bawa ketempat servis takut ujung"nya disuruh ganti mobo tanpa penanganan yg benar

  61. Misi mas. Mau nanya nih. Saya kan punya Laptop Acer E5 421. Kendalanya, ketika Tombol Power dinyalakan. Indikator Power nyala seperti biasa, tapi anehnya Fan Processor mati, sedangkan ketika saya cek manual menggunakan daya 5 volt itu normal muter. Dan lagi, ketika dinyalakan itu, hanya black screen. Keliatan di lcd kaya mati nyala, gak bisa masuk bios. Tolong dibantu, Terimakasih.

  62. Mas . Laptop asus X200 . Di Nyala in pakai charger normal gak ada kendala…tpi begitu dishutdown trus dinyalain lagi gk bisa . Harus di cabut dulu charger nya baru di colokin lagi baru bisa…itu kenapa yaa…makasih

  63. Mas mau tanya. laptop saya acer aspire e-14 suka mati sendiri saat sedang di gunakan di ruangan yg kurang udara,di coba di ruangan ber ac bisa agak lamaan di pakainya. Setelah mati laptop tidak bisa di nyalakan selama berjam-jam. Itu masalahnya apa ya ?

  64. Mas, saya mau tanya, ini kan kakak saya punya laptop Lenovo Z470, awalnya layarnya gak nampil apa2 (mati), tp semua lampu indikator nyala. Setelah tak coba pake RAM temen, akhirnya bisa (ini RAM-nya DDR3). Karena penasaran, saya coba lagi pake DDR3L, juga bisa. Tapi pas RAM DDR3 tadi pasang kembali (biar bisa digunain walau sementara, rencananya besok mau beli), malah pas dihidupin lampu indikator nyala sebentar sekitar 1 detik, monitor tidak nyala, gitu terus gak berenti, kayak gak kuat hidup gitu laptopnya. Akhirnya walau pake DDR3, DDR3L, ataupun gak pake RAM, laptopnya gitu trus. Itu kira2 masalah di apanya ya?

  65. Mas, mau tanya. Saya punya laptop merk HP. Laptop nya tiba tiba mati, saya kira habis batre, pas di cas, selang berapa menit saya hidupin. Lampu indikator nya hidup, tapi blank layarnya, hitam semua. Trus beberapa detik aja lampu indikatornya mati. Itu kenapa ya mas? Di cas juga sebentar aja lampu nya nandain full charge, tapi di lepas trus di charge lagi, ngecas lagi dia lampu nya. Tapi selang beberapa detik, full lagi batre nya. Mohon bantuannya. Trimakasih 🙂

  66. Mas, mau tanya. Saya punya laptop merk HP. Laptop nya tiba tiba mati, saya kira habis batre, pas di cas, selang berapa menit saya hidupin. Lampu indikator nya hidup, tapi blank layarnya, hitam semua. Trus beberapa detik aja lampu indikatornya mati. Itu kenapa ya mas? Di cas juga sebentar aja lampu nya nandain full charge, tapi di lepas trus di charge lagi, ngecas lagi dia lampu nya. Tapi selang beberapa detik, full lagi batre nya. Mohon bantuannya. Trimakasih 🙂

  67. Laptop saya acer aspire. Pada saat tombol power saya pencet nyala tp hanya kedap kedip saja, layar tdk mau menyala hanya hitam. LED power hanya kedap kedip. Awalnya juga pernah kasus sprti ini tp hanya didiamkan beberapa menit saja bisa nyala kembali, tp ini ga bisa nyala terus terusan kedap kedip. Saya sudah ke tempat service pun dia gak tau permasalahannya. Tolong dibantu yaa terimakasih

  68. Laptop saya toshiba c600
    Sering dibuat nonton sama kedua anak saya, yg kecil sukanya mencet tombol power kalo sudah bosan dgn yg ditonton, kalo mau nonton pencet tombol power lagi.
    Kalo mencetnya cuman sekali sih gpp, tapi seringnya mencetnya berkali-kali…

    Akhirnya sudah 4 hari ini laptop trouble, pas mau dinyalain cuman hidup sebentar dan di layar hanya ada tanda – berkedip, mati… nyala lagi seperti itu terussss.

    Kira-kira solusinya bagaimana ya agan semua ..

  69. Mau nanya , laptop saya HP Elitebook 8460p, kalo dicharge nyala sebentar habis itu mati lagi, saya liat indikator powernya juga tidak menyala, sama seperti saya memasukan batrainya, itu menyala habis itu mati lagi, gimanayaa

  70. mas laptop saya Asus P31SD . tadi nya jalan normal. saya pake nnton tiba tiba.. mati dan saat di tekan power cuma kedip lampu.
    Saya coba cabut batrey dan nyalakan . tetep sama. itu kerusakan apa nya.

  71. mas mau tanya laptop saya acer aspire led nya hidup kemudian mati lagi, pernah sekali laptop saya hidup kemudian mati lg dan tedengar di bawah touchpad nya seperti ada yang konslet mohon bantuan nya mas atau dibikin kan tutorial .nya mas

  72. laptop acer aspire e 432
    kerusakan: jika dihidupkan tidak mau hidup lapu led indikatonya hidup dan mati lagi.
    lalu bila ducolokan mouse lampu mouse nya hidup padahal laptop tersebut tidak hidup mas

  73. mas laptop toshiba portege ane sering mati pas dipake, awalnya masih bisa booting n savemode ane coba recovery, belum selesai karna pas finishing nge restart terus. akhirnya sekarang tidak bisa hidup. pada kondisi tercolok listrik kadang seperti mau hidup (lampu power n nyala) tapi mati lagi….begitu terus jika tercolok listrik

  74. Tolong dibaca ya bang komen saya, dimohonkan sekali. Bang, saya punya laptop Acer Aspire E 14, nah sebelumnya saya pernah ga maenin laptop saya
    sekitar 2-3 hari. Nah, pas saya mau nyalain, dia bisa nyala, lampu power nyala, cuman tiba2 mati, yaudah saya tinggal ngecas setengah jam, nah kan kondisi di cas, nah pas dinyalain ga bisa, pas dicabut colokan chargernya malah bisa. Nah, waktu itu saya sibuk sekolah, nah mungkin 5 hari lebih saya ga nyalain. Pas mau nyalain karena tugas, eh tiba2 masalahnya sama, nah saya tunggu ngecas 1 jam ga bisa juga, dalam kondisi di colok maupun tidak dicolok chargeran nya. Tunggu 4 jam masih juga ga bisa, dinyalain, lampu power ada, tapi tiba2 mati. Cuman pas nyalain kadang ada suara beep2 gitu, dan suara kipas (suara beep dan kipas itu udh biasa bang). Nah mungkin ada keterkaitan dengan saya maenin di ruang yang hanget ditambah dengan saya yang memakai aplikasi yang banyak sehingga laptop saya panas dan CPU dan motherboardnya kena bang? Tolong dibalas ya bang. Butuh pencerahan ato bantuan 🙂 terima kasih sebelumnya

    1. suara beep kok munculnya kadang2 yha, kemungkinan keyboard ada masalah. setelah baterai cmos dilepas,
      1. BUngkar, semprot tombol power menggunakan contact cleaner dan pencet2 berkali-kali.
      2. Jika blm bisa, lepas keyboard dan nyalakan tanpa keyboard.
      3. tetap tidak nyala, lepas semua input devices ( hdd, wifi, DVD dll ) dan nyalakan
      4. Jika blm bisa lepas RAM dan nyalakan tanpa RAM apakah langsung mati,
      5. Jika tetap tidak mau menyala berarti membutuhkan analisa lebih lanjut.
      ditunggu hasilnya.

  75. Mohon bantuanya pak leptop saya lenovo,knp y leptop saya ces terus saya lupa cabut cargerny…trus saya nyalakan lampu powernya tu hidup tp ko g bisa nyala itu gmn cara nya.y….

  76. mas kasus laptop saya sama seperti diatas ketika tombol power dihidupkan lampunya nyala tapi layar gelap cuma 4 detik langsung mati.cara mencari yang short gimana ya kalo cara blower vga gak berhasil.terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *