Membeli Laptop Bekas

Diposting pada

Tips untuk user yang akan membeli laptop bekas. Laptop bekas menjadi pilihan tepat untuk para pengguna laptop yang memiliki badget uang terbatas, atau untuk user yang ingin mendapatkan laptop dengan harga yang lebih murah. Ada hal-hal yang perlu untuk diperhatikan ketika kita memutuskan untuk memilih laptop bekas dengan alasan ekonomi, karena ada kalanya laptop bekas yang dijual dipasaran adalah laptop dengan kondisi yang sudah tidak normal lagi atau tinggal menunggu detik-detik kematian.

Beberapa laptop bekas di pasaran dijual dengan berbagai alasan, ada yang pemiliknya sudah bosan dan pengen ganti laptop jenis lain, atau ada juga yang rusak sehingga bianya perbaikannya sudah tidak masuk akal sehingga dibeli oleh pihak teknisi untuk dijual lagi, ada juga karena pemilik laptop sedang membutuhkan uang untuk keperluan mendadak.
Jika kita ketemu dengna laptop bekas yang dijual karena sang pemilik sedang butuh dana cepat, maka ini adalah anugerah terindah buat kita, karena biasanya harganya murha dan laptop tidak ada cacat, namun akan menjadi boomerang jika laptop bekas yang kita akan beli adalah laptop yang kondisinya dibawah 50%.
Nah buat kamu yang mau beli laptop bekas silahkan diperhatikan point-point berikut:
1. Check seluruh kondisi fisiknya
2. Check semua input device. Bluetooth jika ada, wireless, LAN, audio, camera jika ada, DVD room dan device yang lain sesuai fitur laptop bekas yang akan dibeli. Jika kita ragu untuk check sendiri silahkan minta tolong ke pemilik atau penjualnya untuk menunjukkan bahwa semua device tersebut bekerja dengan normal
3. Check kondisi LCD laptop. Untuk melakukannya kita bisa membuka image blok hitam, perhatikan LCD laptop, jika ada titik terang pada titik tertentu di LCD maka kondisi LCD laptop tersebut kurang bagus, mendingan cari laptop lain atau minta dikurangi harganya atau minta garansi khusus untuk LCD dengan alasan ada titik cacat pada LCD.
4. Check kondisi keyboard laptop bekas yang akan kita beli, pastikan semua tombol berfungsi dengan baik dan tidak ada yang nyantol. Untuk keperluan ini kita bisa menggunakan keyboard tester yang bisa di download di internet dengan mudah.
5. Check touchpad-nya dan pastikan berfungsi dengan baik.
6. Check charger, pastikan berfungsi dengan baik baik saat laptop mati atau saat laptop nyala.
7. Check kondisi battery, sebaiknya mintalah garansi khusus untuk battery karena untuk check battery tentu butuh waktu, dan kita bisa melakukannya di rumah.
8. Lihat segel asli laptop. Segel ini menutupi salah satu baut kesing laptop, jika segel sudah tidak ada maka kemungkinan laptop sudah pernah di bungkar, tanyakan pada penjualnya tentang alasan laptop tersebut di bungkar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *