Pengertian Printer Inkjet

Diposting pada
pengertian printer inkjet

Beberapa orang belum faham tentang pengertian printer inkjet dan cara kerjanya sehingga banyak pengguna printer inkjet salah dalam melayani kebutuhan perawatan dari printer inkjet ini. Dengan memahami cara kerja dari sebuah printer maka kita akna lebih mudah dalam merawatnya sehingga printer lebih tahan lama dan tidak memakan biaya tinggi untuk perbaikan.
Pengertian printer inkjet adalah sebuah printer yang menggunakan prinsip kerja dengan menyemprotkan ion tinta cair pada sebuah kertas printer saat melakukan proses printing. Penyemprotan tinta bisa sebanyak 300 titik per inchi. Jadi hasil cetakan printer itu adalah hasil dari kumpulan titik-titik tinta yang disemprotkan melalui head dari katrid printer tersebut.
Proses penyemprotan ini menggunakan system pemanasan cairan. Tinta yang masuk ke bagian head katrid akan dipanaskan saat terjadi proses printing, sebagaimana kita tahu jika cairan dipanaskan maka akan timbul gelembung atau “umop”, nah demikian juga pada system kerja sebuah katrid printer inkjet, tinta yang dipanaskan akan “umop” dan menyemprot ke kertas printer di bagian yang sesuai dengan pola atau tulisan yang telah kita buat di layar komputer.
Nah, setelah kita tahu bahwa proses printing sebuah printer inkjet menggunakan pemanasan tinta, maka kita bisa membayangkan jika katrid kehabisan tinta dan kita memaksa printer untuk melakukan printing, seperti sebuah panci kita panaskan diatas kompor tanpa air, rusak deh.
Maka dengan mengetahui pengertian printer inkjet dan cara kerjanya kita bisa menjaga agar printer tetap dalam kondisi fit tidak sering kehabisan tinta.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *