Service Proyektor Mati Total

Diposting pada

Service proyektor mati total memang kadang gampang kadang susah juga karena sebagian komponen kontrol yang digunakan adalah komponen mikro yang harus memaksa mata kita untuk lebih tajam melototi komponen ketika menganalisa, komponen ini kecil banget. Namun kadang juga tidak susah karena proyektor dilengkapi dengan pengaman Fuse atau sekring di bagian utama jalur power sehingga jika terjadi sesuatu pada jalur power maka sekring bunuh diri dan rangkaian cenderung aman termasuk komponen kontrol yang tentu saja watt-nya kecil.

Nah dalam artikel kali ini kita akan membahas tentang cara memperbaiki proyektor yang mati total, dalam contoh ini kita memperbaiki proyektor dengan merk BenQ. Maksud mati total disini adalah lampu indikator tidak ada yang menyala sama sekali saat listrik dicolokkan dan tombol power pun tidak berfungsi.

Apa yang perlu terlebih dahulu di cek saat service proyektor BenQ yang mati total? Silahkan ikuti langkah-langkah berikut.
1. Pastikan kabel power listrik dalam keadaan normal dan tidal putus, demikian juga jek yang ada pada proyektor.
2. Bungkar kesing proyektor. Semua baut ada di bagian bawah, kamu perlu obeng plus yang agak panjang untuk melakukan langkah ini.
4. Angkat keluar power supply. Posisi power supply ada di bagian bawah, diatas balast, jadi untuk mengangkatnya harus dilepas dahulu mainboard yang berada di posisi paling atas.

Baca juga :   Level-level Tegangan Pada Proyektor

5. Cek sekring yang letaknya di dekat jek listrik pada unit power supply. Kode komponen ini biasanya F1 atau F…
6. Jika kondisi sekring putus, kita bisa menggantinya dengan sekring apa saja, atau si jumper langsung juga tidak apa-apa. Namun ada hal penting untuk dianalisa, kenapa sekring putus???
7. Cari tahu apa yang menyebabkan sekring putus.

Baca juga :   Cara Memperbaiki Proyektor BenQ

Cek Deoda jembatan yang berada pada pendingin, bentuknya seperti gambar dibawah.

Service Proyektor Mati Total

Kita bisa cek kondisi deoda ini menggunakan multitester, deoda yang normal tidak boleh ada kaki yang terhubung singkat terhadap kaki yang lain. Nah, biasanya pada proyektor yang mati total kerusakan pada deoda ini, ganti menggunakan deoda yang lain, jika tidak ada kita bisa membuat deoda jembatan sendiri menggunakan 4 buah deoda biasa.

Baca juga :   LCD Monitor LG Matot, Ganti Ininya

Setelah deoda diganti sekring bisa diganti atau dijumper juga, kemudian silahkan melakukan test, insyaAllah proyektor mati total kamu bisa bekerja normal lagi.

25 thoughts on “Service Proyektor Mati Total

  1. Mas mau tanya nih…
    Saya punya 2 Infocus di sekolahan tmpt saya kerja yang bermasalah.
    1 infocus viewsonic pjd5122, masalah nya : Tampilan Output yang keluar ke dinding/layar infocus, domain gambar nya berwarnah merah, tapi kalau di tekan menu nya, tampilan menu nya Normal (tidak ikut merah).
    Sudah saya coba bongkar krna ada infocus lain yg setipe dan merk sama yg bagus, saya coba ganti 1 persatu dari color weel, lampu, balast, dll, masih sama warna merah gambar. Eh saya coba ganti mainboard nya dan hidupkan domain warna merah nya hilang dan tampilan output yg ke dinding tidak merah lagi, saya gantikan mainboard bawaan nya kembali merah.
    Berarti persis yg masalah dibagian mainboardnya mas, Pertanyaan saya, komponen atau part yang mana yang bermasalah ya mas??? Biar bisa langsung di ganti…????

    2. Infocus Proyector Esemka LP82, Masalah nya : di colok kabel ke listrik lampu indicator nya hidup warna biru, tapi ketika di tekan2 / di pencet2 tombol power nya tidak ada respon dan tidak mau hidup nyala, kipas pun tidak berputar.

    Mohon bantuan nya Mas admin. Semoga Ilmu mas dan kebaikan mas berkah….

  2. klau yang Infocus Proyector Esemka LP82 ini mas, Masalah nya : di colok kabel ke listrik lampu indicator nya hidup warna biru, tapi ketika di tekan2 / di pencet2 tombol power nya tidak ada respon dan tidak mau hidup nyala, kipas pun tidak berputar. itu apa nya yg haus diganti mas???

  3. sudah saya bersihkan pakai cc-cleaner dan cek pakai multitester, tombol bagus, tpi tetap gk ada resporn mas…
    Apalagi kira2 mas yg harus di cek untuk proyector Esemka LP82 ini mas???

  4. kalo tombol normal yha mulai diagnosis total pak. mulai aja dari out power supply, pastikan tegangan semua normal. kalo normal ya kemungkinan besar ic reader tombol power (chipset) coba dipanasi dulu pake heater blower.

  5. Mau tanya gan, td siang waktu sy matikan proyektor merek LG, sy tekan lampu powernya dua kali langsung ada bunyi tek dan lampu powernya mati, setelah sy colok ulang kabelnya lampu powernya ga menyala, kira2 apanya yg bermasalah ? Mohon pencerahannya.

  6. Gan, mau tanya ni, ada infokus saya merek ViewSonic, saat colok pengisi daya langsung meteran loncat atau mati meteran,mohon pencerahannya gan. Terimakasih

  7. Assalamualaikum..mas,proyektor acer 1261N lampu sorotnya mati,klo dinyalain kipasnya nyala sebentar terus mati terus hidup lagi dan seterusnya gitu.apanya yg rusak mas..makasih.

  8. Assalamu alaikum mas,mas sy punya acer 1261 kalo dinyalain hanya led merah biru aja yg nyala 2x,dan selanjutnya merah aja,apanya yah kira2

  9. Assalamualaikum mas
    Mau minta sarannya mas
    Saya ada proyektor benq mp510
    hidup kipas nyala
    Indikator power on kedip2
    Selang beberpa menit indikator Lamp nyala terus mati
    Apanya itu yah mas yang rusak
    Terimakasih
    Semoga sehat selalu,dan diberi keberkahan
    Amin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *