Cara Kerja Tombol Power Laptop

Diposting pada

Seorang teknisi laptop harus benar-benar mengetahui cara kerja dari setiap devices pada sebuah laptop sehingga ketika bertemu masalah dengan devices tersebut maka akan dengan mudah di temukan penyebab dan masalah bisa segera diperbaiki, salah satu device yang akan kita bahas kali ini adalah cara kerja tombol power pada sebuah laptop.
Sebagaimana bagian input devices yang lain dari sebuah laptop, tombol power bekerja sebagai saklar juga tidak sendirian, tidak seperti saklar lampu kamar kita yang benar-benar bekerja sendiri ketika kita tekan ON maka yang meng-ON-kan lampu ya saklar tersebut, tidak ada bagian lain yang ikutan bekerja selain tangan kita dan saklar tersebut. Tombol power pada sebuah laptop bekerja bersama dengan IC controller yang mengontrol beberapa input devices termasuk keyboard, touchpad dan USB port secara tidak langsung. Jadi ketika kita menekan tombol power maka signal ON ini akan ditangkap oleh IC tersebut dan IC akna mengunci agar ON tetap terjaga, maka laptop akan menyala dan tetap menyala walopun kita melepaskan tombol power tersebut. IC ini bisa bermacam-macam typenya, sebagai contoh IC pada laptop Acer seperti dibawah ini.

Cara Kerja Tombol Power Laptop

IC tersebut juga berperan sangat vital terhadap kinerja touchpad, sebagaimana telah kita bahas di posting terdahulu tentang cara memperbaiki touchpad laptop. Jadi ketika kita akan memperbaiki tombol power pada sebuah laptop yang tidak berfungsi, maka komponen yang kita cek setelah tombolnya sendiri ya IC ini, mungkin jalur yang menghubungkan tombol ke IC bermasalah atau solderannya kendor saking tuanya laptop.
Dengan mengetahui cara kerja tombol power laptop maka kita akan lebih mudah menangani laptop yang bermasalah tombol powernya, semoga bermanfaat.

5 thoughts on “Cara Kerja Tombol Power Laptop

  1. Asus X45C
    tombol power bermasalah
    sekitar dari 3 hari lalu laptop susah hidup padahal tombol power sudah ditekan beberapa kali, tombol power juga ditutupi pelindung keyboard jadi jika kemungkinan terkena air sepertinya tidak.
    menekan beberapa tombol secara acak dan menekan 2 tombol bersamaan lalu menekan tombol power lagi, terkadang berhasil tapi tidak selalu. mohon bantuannya kak.

  2. hi irwan…
    Kalo memungkinkan coba dilepas batterynya terus dibungkar laptopnya, terus dilepas battery cmosnya, biar nge-clear cmosnya. terus coba pake charger saja, kalo langsung nyala matikan dulu dg menekan dan tahan tombol power sampek laptop mati. Kemudian coba nyalakan kembali, jika kembali sulit nyala berarti ada masalah dengan chipset.
    apa laptopnya jarang dipakek?

  3. hi juga kak muhammad..
    jika setelah battery cmos dilepas dan laptop dapat menyala seperti biasa, apa battery cmos itu perlu dipasang kembali? atau biarkan saja laptop tanpa battery cmos itu untuk seterusnya?
    jika ternyata chipset yang bermasalah, apakah harus langsung dibawa ke tempat service kak?
    sering dipakai, 3 bulan terakhir hampir setiap hari malah..
    terimakasih sudah sempat menjawab kak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *