Memperbaiki Laptop Mouse Tidak Berfungsi

Diposting pada

Pada beberapa laptop dilengkali dengan shortkey pada keyboard untuk mengaktifkan atau me-nonaktifkan mouse atau dikenal dengan touchpad, namun jika tombol shortkey tersebut tidak berfungsi dan touchpad tetap tidak bisa digunakan maka belum tentu tombol shortkey pada keybaord yang bermasalah, maka kita perlu menganalisa masalah ini untuk menemukan sumber kerusakannya.

Memperbaiki Laptop Mouse Tidak Berfungsi

Pertama memang kita perlu memastikan bahwa tombol shortkey touchpad berfungsi dengan baik jika laptop kita dilengkapi dengna tombol tersebut. Biasanya shortkey ini terdiri dari rangkain tombol yang bekerja bersama-sama, biasanya tombol Fn dan F… , atau pada beberapa jenis laptop dilengkapi tombol khusus untuk ON/OFF touchpad biasanya ada di dekat touchpad, nah pastikan bahwa tombol-tombol tersebut bekerja dengna baik. Namun jika ternyata tombol normal maka lagnkah selanjutnya adalah melakukan check terhadap kabel fleksibel yang menghubungkan touchpad dengan motherboard laptop, untuk melakukannya kita perlu membuka keybaord dan kesing bagian atas laptop (tergantung jenis laptop). Jika ternyata kabel dalam kondisi baik, maka mata kita langsung kita arahkan pada sebiah IC yang bekerja sebagai controller atau interface antara touchpad dengan chipset, jika ada masalah pada IC ini maka bisa saja berpengaruh pada keyboard, touchpad dan tombol power ON/OFF.
Jika keyboard dan tombol berfungsi dengan baik, maka biasnya terdapat jalur pada kaki-kaki IC tersebut yang koneksinya terganggu, bisa saja karena saking lamanya laptop atau laptop lama tidak digunakan dan mengakibatkan sedikit ada kerak di bagian solderan kaki IC yang menghubungkan ke touchpad. Maka kita hanya perlu mem-blower IC ini menggunakan heater blower dengan hati hati tujuannya adalah untuk melekatkan kembali kaki-kaki yang mungkin konektivitasnya terganggu.

Memperbaiki Laptop Mouse Tidak Berfungsi

Seperti gambar diatas, adalah sebuah IC reader touchpad pada laptop Acer Aspire, dengna mem-blower IC ini, berdasarkan pengalaman, masalah touchpad tidak terdeteksi bisa terselesaikan dan laptop akan bekerja kembali dengan normal tanpa ada resiko mengganggu komponen lain.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *