Cara Memperbaiki Printer IP1980 Blink 8X

Diposting pada

Printer Canon IP1980 yang nge-blink 8 kali, maksudnya lampu indikator berkedip warna orange 8 kali terus menerus dengan jeda lampu green nyala 1 kali, bisa diperbaiki dengan melakukan reset terhadap katrid. Arti blink 8 kali orange adalah ink tank full atau terlalu penuhnya tabung katrid.

lampu green ip1980

Lampu orange ip1980

Cara memperbaiki printer seperti ini adalah dengan melakukan reset menggunakan software resetter General Tool. Silahkan download resetter IP1980 ini melalui link : ip1980 resetter
Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut.
1. Printer dinyalakan dengan status save mode. Cabut kabel power printer, tekan dan tahan tombol power printer, kemudian masukkan kabel power maka lampu green akan menyala dan tidak berkedip, kemudian tekan tombol resume 2 kali, kemudian lepaskan tombol power yang telah ditekan, maka printer akan prepare ke save mode, setelah printer diam maka tidak boleh ada lampu indikator yang berkedip, jika ada yang berkedip berarti masalahnya berbeda.
2. Setelah printer menyala save mode maka silahkan buka file resetter yang telah di download tadi caranya klik 2 kali file RAR yang telah di download, kemudian buka folder yang ada didalamnya kemudian buka file GeneralTool.exe, maka akan muncul screen seperti gambar dibawah.

resetter ip1980

3. Kemudian lakukan urutan reset : centang option Cleaning, centang option EEPROM clear. Masukkan kertas pada printer dan Klik option Test Pattern 1 maka printer akan prepare untuk nge-print 1 lembar biarkan sampai selesai. Kemudian teruskan dengan Test Pattern 2 diikuti dengan Test Pattern 3. Setelah test pattern selesai ketiga-tiganya maka klik option Main diikuti dengan Platen, maka proses reset selesai dan matikan printer, jika printer tidak mati-mati maka cabut kabel powernya. Lihat gambar dibawah ini yang menggambarkan urutan proses reset.

cara reset ip1980

4. Setelah printer mati silahkan nyalakan kembali printer kamu, maka printer tidak blink lagi.
Semoga langkah-langkah yang dijelaskan diatas bisa difahami dengna baik. Jika printer blink kembali setelah diperintah ngeprint, maka kamu tinggal tekan dan tahan tombol resume sampai kira-kira 5 detik (lihat pesan ayng muncul di layar monitor dan ikuti instruksinya), beres.
Ini adalah cara memperbaiki printer ip1980 canon yang blinking 8X, jika printer ip1980 kamu rusak motherboardnya silahkan kunjungi repair2012.com untuk menemukan solusinya.

3 thoughts on “Cara Memperbaiki Printer IP1980 Blink 8X

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *