Keyboard Laptop Kena Air

Diposting pada

Apa yang harus segera kita lakukan ketika keyboard laptop kena air? Hal ini penting untuk diketahui bahwa air yang tertumpah di bagian keyboard laptop dalam jangka waktu tertentu akan menyebabkan keyboard rusak parah dan sulit untuk diperbaiki. Memang secara langsung mungkin laptop akan baik-baik saja, penjemuran sementara bisa saja mengembalikan kinerja keyboard laptop kita. Namun air yang telah meresap ke bagian dalam keyboard akan terus berada disana sampai waktu yang lama.

Download Keyboard Tester Portable

Sebagaimana kita telah ketahui bahwa bagian dalam keyboard sebuah laptop berisi banyak sekali jalur-jalur yang menghubungkan antar tombol dan saling menyeberangi jalur lain yang hanya dilapisi dengan pelindung yang sangat tipis. Air, atau kondisi lembab pada area ini akan menyebabkan terhubungnya antara jalur satu ke jalur lain yang muatannya berbeda secara induktif. Akibat dari hubungan terlarang ini adalah jalur tertentu akan gosong seperti kabel yang kepanasan dan jalurpun terputus dan tombol-tombol yang terhubung secara langsung dengan jalur tersebut tentu akan tidak berfungsi.
Nah untuk menghindari hal tersebut terjadi silahkan ikuti langkah berikut.
1. Setelah keyboard laptop terkena air segera matikan laptop, lepas charger dan lepas battery.
2. Balik posisi laptop agar air yang tertumpah ke keyboard tidak meresap ke dalam
3. Setelah kira-kira air tidak menggenang silahkan di lap pake tissue yang mudah meresap air sampek air hilang.
4. Kemudian jemur di bawah terik matahari atau gunakan hair dryer untuk pengeringan lebih lanjut.
5. Pastikan keyboard benar-benar kering. Test menggunakan keyboard tester untuk memastikan tidak ada tombol yang ngaco sebagai bukti bahwa tidak ada jalur yang terhubung dengna jalur lain baik secara langsung atau secara induktif.
Dengna mengikuti langkah-langkah tersebut insyaAllah keyboard laptop kita tidak rusak parah akibat tertumpah air.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *