Antivirus Untuk Komputer Tua

Diposting pada

Apa antivirus yang cocok untuk komputer tua yang spesifikasinya relatif rendah? Kalo untuk komputer dengan spesifikasi yang tinggi, antivirus bukan lagi masalah, karena seberat apapun antivirus yang akan dipasang tidak akan memberatkan kinerja komputer, katakan antivirus AVG maka komputer sekelas dualcore ke atas tentu saja cocok dan komputer akan tetap bekerja dengan ringan. Namun bagaimana jadinya jika komputer pentium 4 1.8 di kasih antivirus AVG? atau pentium III yang di indonesia masih saja ada yang menggunakan? Tentu saja ide install antivirus AVG, Avira atau antivirus sejenis yang lumayan berat bukanlah hal yang bagus.
Sebagaimana kita telah ketahui bahwa antivirus bekerja sepanjang komputer bekerja sehingga membutuhkan space memory dan prosesor dan ini akan semakin memperlambat kinerja komputer yang mungkin spesifikasinya pas-pasan, yang tanpa antivirus saj sudah terasa kurang cepat. Jadi salah satu hal penting saat kita pengen install antivirus adalah mengetahui kemampuan kinerja komputer tersebut.
Kita harus faham betul spesifikasi komputer yang akan kita kasih antivirus. AVG atau Avira? jangan sampek diinstall di komputer Pentium III karena hal ini akan membuat komputer kehabisan tenaga untuk bekerja (lemooot).
Lantas apa antivirus yang cocok untuk komputer tua semisal pentium III, nah menurut saya Smadav adalah pilihan tepat. Namun masalahnya apa Smadav mampu menahan serangna virus ganas dari internet? Nah satu hal lagi yang perlu kira install agar pentium III bisa lebih tahan terhadap serangan virus namun tetap bekerja dengan performance optimal, yaitu Deep freeze. Deep freeze ini bekerja sebagai pagar bagi system komputer, mengunci system agar tidak ada program, script atau data baru yang akan masuk ke drive dimana system diinstall. Misalnya system diinstall pada drive C (umumnya), maka kita install Deep freeze dan aktifkan pengunci untuk drive C saja, sehingga data apapun tidak akan bisa masuk ke drive C termasuk virus.
Jika kita telah install deep freeze maka jangan seklai-kali nyimpen data penting di drive C termasuk My document, My picture, My music karena saat komputer direstart atau di shutdown, maka data tersebut akan hilang.
Nah ini adalah salah satu trick untuk set Antivirus Untuk Komputer Tua atau komputer dengan spesifikasi rendah, insyaAllah kita akan bahas lebih lanjut next time.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *