Error 5100 IP1980

Diposting pada

Error 5100 pada printer Canon IP1980 terjadi karena disebabkan oleh tidak tepatnya posisi unit katrid untuk stanby atau biasa disebut salah parkir. Jadi setelah printer dinyalakan maka printer akan berjalan normal sampai posisi katrid diam, tidak ada blinking, namun setelah beberapa detik kemudian unit katrid akan melakukan parkir, yaitu di posisi paling kanan dari jalur katrid, atau tepatnya diatas unit cleaner/penyedot tinta, sehingga pada posisi ini kondisi head dari katrid tepat di dekap oleh karet penyedot tinta. Nah, error 5100 pada printer ip1980 ini disebabkan karena motor yang menggerakkan unit katrid tidak kuat menggeser katrid ke posisi parkir.
Nah untuk memperbaiki penyakit ini adalah dengan melakukan pemeriksaan pada bagian cleaner, biar lebih jelas silahkan buka kesing printer bagian atas, diawali dengan melepas kesing samping kanan dan kiri. Buang kotoran apapun yang ada di area cleaner. Kemudian nyalakan printer tanpa kesing atas dan perhatikan saat-saat terakhir sebelum printer blinking atau error 5100 untuk memastikan bahwa penyebabnya bukan karena kotoran.
Kemudian kendorkan baut paling kanan dari penyangga unit rell unit katrid, baut ini berada tepat dibelakang katrid saat parkir, kemudian naikkan sedikit rell unit katrid agar posisi katrid agak terangkat sedikit sehingga tekanan ke cleaner tidak terlalu kuat.
Tujuan dari langkah ini adalah agar posisi katrid terangkat sedikit sehingga saat katrid melakukan parking tekanan karet cleaner tidak terlalu kuat sehingga katrid lebih mudah digeser ke kanan sehingga motor penggerak tidak terlalu kesulitan melakukan tugasnya.
Kita sudah buktikan langkah ini pada printer IP1980 juga IP2770 dan dan error 5100 IP1980 berhasil diperbaiki demikian juga IP2770.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *