Komputer Di Tempat Lembab Boleh Tidak ?

Posted on

Komputer di tempat lembabDi daerah tertentu kelembaban lingkungan bisa saja sangat tinggi, tembok sering mengeluarkan air padahal tidak dekat kamar mandi atau bak penampungan air. Hal ini tentu saja secara langsung maupun tidak langsung berakibat buruk atau memberi pengaruh yang buruk terhadap komputer atau perangkat elektronika yang lain seperti laptop. Kelembaban yang terlalu tinggi bisa saja mengakibatkan kondensasi pada komputer sehingga nilai pada beberapa komponen yang berhubungan dengan pembagian arus atau tegangan ke seluruh area di bagian komputer tentu akan tidak presisi lagi. Sebagai contoh sebuah resistor yang mengatur nilai salah satu level tegangan pada area pembagian power, jika suhu terlalu lembab dan sedikit basah tentu akan mempengaruhi nilainya dan mengakibatkan tegangan atau arus yang sedang di kontrol oleh resistor ini tidak akan bekerja sebagaimana mestinya maka komputer puu sering error atau hang.
Komputer tidak boleh terlalu panas suhunya, namun pada suhu terlalu rendah juga tidak bisa bekerja normal. Demikian juga pada lingkungan lembab, komputer cenderung hampir basah dan bisa menyebabkan konsleting ringan pada komponen-komponen tertentu.
Berdasarkan pengalaman, komputer yang sering dinyalakan di ruang yang lembab, motherboard akan lebih cepat rusak, tentu saja untuk memperbaikinya kita harus mengganti motherboard yang harganya lumayan mahal, dan tentu saja juga kita tidak pengen hal seperti ini terjadi. Jika kita terpaksa harus menggunakan komputer di lingkungan yang suhunya cenderung rendah dan lembab, maka silahkan ikuti langkah-langkah preventive dibawah ini untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.
1. PC jangan ditaruh di lantai langsung, sebaiknya di letakkan diatas meja.
2. Pilih ruangan yang jauh dari kamar mandi
3. Cek tembok yang dekat dengan computer, sentuh dengan telapak tangan jika telapak tangan basah maka jangan letakkan komputer dekat tembok, atau pilih ruangan lain yang temboknya tidak demikian.
4. Jangan biarkan komputer tidak dinyalakan dalam waktu yang lama, karena akan mengakibatkan chipset kondensasi dan akan kesulitan mendeteksi RAM saat dinyalakan.
5. Sebaiknya saat mati power listrik dilepas sehingga tidak ada sumber listrik pada komputer saat komputer mati.
Percayalah, jangan remehkan hal-hal diatas jika kita menggunakan komputer di lingkungan yang lembab kalau tidak ingin mengganti motherboard setiap tahun.
Jadi kesimpulannya adalah kita bisa saja menggunakan komputer ditempat yang lembab asalkan mengikuti cara yang benar.

Baca juga :   Beli Charger Laptop Ampere Tidak Sama, Ngefek Tidak ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *