Laptop Terkena Air

Diposting pada

Ini adalah kasus yang sangat sering terjadi pada sebuah laptop dimana laptop terkena air atau tertumpah air minum yang mengakibatkan laptop tersebut mati total, tidak bisa dinyalakan sama sekali. Parahkah masalah ini??? Tidak!!!

laptop terkena air

Jawabannya adalah tidak pasti, bisa saja hal tersebut bukanlah masalah besar, namun bisa juga menjadi masalah besar jika kita tidak bisa atau tidak mengerti cara penanganannya sebelum menjadi masalah yang besar.
Lalu bagaimana cara menganganinya seblum laptop mati total, dan bagaimana kalo laptop sudah terlanjur tidak bisa dinyalakan sama sekali atau mati total? Inilah yang akan kita bahas dalam posting ini.
Yang pertama adalah cara menangani laptop yang terkena air, langkah ini dilakukan langsung segera setelah laptop terkena air.
1. Segera lepas charger jika sedang charging kemudian lepas battery, dengan cara apapun yang penting segera terlepas, jangan pedulikan tombol power.
2. Balik posisi Laptop, atas ke bawah dan biarkan air yang tergenang bisa mengalir ke bawah dan tidak meresap ke bagian dalam laptop.
3. Keringkan dibawah sinar matahari dengan posisi dibalik.
4. Jangan terburu menyalakan laptop, pastikan laptpo benar-benar kering, jika ragu-ragu maka sangat dianjurkan untuk membungkar laptop untuk memastikan bahwa semua bagian inside laptop tidak ada air sama sekali.
5. Setelah yakin kering silahkan dinyalakan tanpa battery, hanya menggunakan charger saja, setelah normal matikan dan pasang kembali battery.
Jika pada lang kah 5 ternyata laptop tidak mau menyala atau mati total, maka silahkan ikuti langkah-langkah dibawha ini :
1. Lepas charger dan battery
2. Bungkar bagian belakang laptop, lepas battery cmos untuk clear cmos.
3. Diamkan laptop kira-kira 1 menit kemudian nyalakan kembali tanpa battery, charger saja.
4. Jika menyala maka anda beruntung, karena chipset telah melakukan proteksi tepat waktu sehingga tidak menjadi masalah besar buat laptop, namun jika tetap tidak mau menyala maka berarti terdapat komponen yang rusak, perlu waktu dan keuletan untuk menganalisa sehingga menemukan komponen yang rusak. Seperti biasa mulai dari cek ic power, kita sudah bahas di posting terdahulu silahkan cari.
Air yang tertumpah ke laptop tidak menjadi masalah besar jika kita pas dan tepat menanganinya, semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *