Laptop Kadang Tampil Kadang Tidak

Diposting pada

Masalah yang akan kita bahas pada post kali ini sedikit agak menjengkelkan, Laptop kadang tampil kadang tidak, saat dinyalakan pada kondisi dingin laptop akan menyala normal seolah-olah tidak ada kendala apapun, demikian walaupun laptop dinyalakan dalam waktu lama, tidak ada masalah. Namun masalah akan muncul ketika kita me-restart laptop, laptop akan diam, indikator tetap nyala namun tidak ada proses booting dan tidak ada tampilan apapun di layar.

Memang solusi dari permasalahan ini akan beragam dan tidak flat, bisa saja disebabkan oleh kurang maksimalnya performance dari sebuah komponen ataupun beberapa komponen lain yang tentu saja integrated dalam sebuah motherboard laptop, yang jelas masalah ini disebabkan karena sesuatu yang janggal pada motherboard laptop tersebut.

Sebagaimana sebuah komputer PC desktop yangmenggunakan power supply terpisah yang jika terdapat masalah pada power supply kadang komputer tidak menampilkan apa-apa di layar monitor, laptop juga demikian, jika terdapat masalah pada salah satu capasitor pada unit power supply maka tentu saja pada saat tertentu output dari power supply ini tidak bisa menopang kebutuhan power yang dibutuhkan system untuk menampilkan tampilan pada layar melalui unit VGA dan komponen terkait. Biasanya pada sebuah komputer PC jika terdapat capasitor yang meletus atau melembung maka komputer kadang-kadang tidak bisa bekerja dengan normal, bluescreen, hang bahkan kadang tidak ada tampilan apa-apa di layar monitor.

Baca juga :   Trik Mencari Pengganti Mosfet Laptop

Kita bisa melihat kerusakan pada capasitor tersebut dengan memperhatikan ciri fisiknya, namun pada motherboard laptop yang menggunakan capasitor mikro tentu akan sangat kesulitan untuk mendeteksi ciri ini jika hanya menggunakan cara visual seperti pada komputer jenis PC desktop. Maka tentu kita perlu menggunakan alat seperti AVOmeter atau peralatan sejenis untuk memastikan kondisi capasitor tersebut. Ini jika penyebab Laptop Kadang Tampil Kadang Tidak tersebut disebabkan karena terdapat capasitor pada unit power supply bermasalah.

Baca juga :   Laptop tidak bisa masuk Windows

Namun bisa saja Laptop Kadang Tampil Kadang Tidak disebabkan karena kurang kencangnya koneksi pada kaki-kaki prosesor, biasnaya terjadi pada laptop jenis netbook atau laptop yang prosesornya onboard (menyatu langsung dengan motherboard tanpa konektor yang bisa dilepas dengan mudah), sehingga hanya dengan memanasi prosesor menggunakan heater blower akan bisa memperbaiki masalah.
Penyebab lain Laptop Kadang Tampil Kadang Tidak adalah kinerja RAM yang sudah memburuk, kadang bekerja normal namun setelah panas tidak bisa lagi bekerja sebagaimana mestinya, solusi dari masalah ini adalah dengan mengganti RAM dengan yang normal, cukup mudah untuk melakukannya.
Bersambung…

16 thoughts on “Laptop Kadang Tampil Kadang Tidak

  1. Mas Bro, makasih banyak tips2nya, ternyata masih ada orang yg mau berbagi ilmu didunia ini. ha..ha..
    saya lagi ngumpulin laptop bermasalah; matot, blue screen, chipset VGA eror, dll. ntar kalo udah terkumpul 2 kontainer saya bawa ketempat MasBro.. sekalian berguru. soalnya saya jauh di kalimantan. saya punya toko komputer kecil2an dan buka service laptop juga. TKS. Assalamuálaikum..Yance : [email protected]

  2. Assalamulaikum mas bro, laptop saya memiliki gejala cukup aneh, kadang layarnya blinking alias mati nyala tapi jika dibiarkan beberapa hari kondisi laptop kembali pulih tapi setelah dipakai kembali lagi rusak, kira-kira penyebabnya sama kah seperti artikel diatas? Terimakasih.

  3. Mas bro saya pnya laptop toshiba satellite c40d. Kadang mau hidup tapi kadang jga susah dihidupkan cma led indicator yg menyala. Saya buka waktu dihidupkan kipas hdd kadang jga gak mau muter tp kadang muter jga. Tp ttp gak mau menyala. Bisa bantu saya mas bro??

  4. laptop Sony Vaio saya seperti diatas mas kondisinya . kadang hidup kadang mati tunggu kondisi off sehari baru mau nyala, tapi kalau koneksi kabel vga pakai lcd tv bisa dan pemakaian normal aja . Padahal Lcd/led sudah ganti baru di dealer resmi nya. bisa bantu gan?

  5. Mas aku punya laptop toshiba L745 sangat susah di nyalakan ketika pencet power tida ada tampilan apapun bahkan tida ada led yg nyala sama sekali tapi kadang bisa nyala dan normal sampe di coba nyalakan terus sampe 24jam tetap nyala normal tapi waktu di matiin /keadaan dingin kembali sangat susah di nyalakan , kalo baru di matiin terus di nyalaķan lagi normal langsung nyala . Kira kira apanya ya mas .

  6. Laptop saya lenovo g40-80 .. LCDnya suka gk mau tampil waktu prtama nyalain, harus di coba mati nyala mati nyalain dulu baru mau tampil .. kalo udah tampil bisa tahan 24jam dan kalau lg gk tampil pakek monitor eksternal bisa tampil.. itu knp ya mas?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *