Komputer Gambar Bergaris-garis

Posted on

Salah satu permasalahan pada sebuah komputer jenis desktop adalah menyala namun gambarnya bergaris-garis. Masalah ini disebabkan karena beberapa hal sebagai berikut.
1. Pada motherboard jenis VGA onboard hal ini bisa saja disebabkan karena kurang normalnya konektivitas ic chipset VGA ke motherboard, kita bisa memperbaikinya dengan melakukan pemanasan pada chipset vga menggunakan heater blower.
2. Masalah ini bisa juga disebabkan karena RAM bermasalah atau rusak. Cobalah untuk mengganti RAM dengan yang lain untuk memastikan hal ini.
3. Jika kita menggunakan VGA card tambahan hal ini bisa juga disebabkan karena VGA card telah rusak, coba untuk membersihkan kaki-kaki VGA card tersebut sebelum memastikan bahwa VGA tersebut telah rusak.
Bagaimana mungkin RAM bisa mempengaruhi gambar pada layar monitor? Hal ini terjadi karena RAM terhubunga secara langsung dengan chipset VGA, booting tidak bisa berhasil dengan normal jika RAM bermasalah, walopun VGA chipset normal, demikian sebaliknya. Pada VGA onboard, memory juga diambilkan dari sebagian RAM, maka kinerja RAM dan VGA chipset adalah sebagaimana kinerja roda dan rantai pada sebuah sepeda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *