Laptop Bisa nyala Tanpa Battery

Diposting pada

Kali ini kita akan share tentang salah satu permasalahan pada laptop, dimana laptop ini bisa nyala hanya jika menggunakan charger saja tanpa battery, jika battery dipasang maka laptop tidak bisa nyala atau nyala hanya sebentar.
Tentu saja masalah ini disebabkan karena kerusakan komponen yang terdapat di bagian motherboard, maka kita harus membungkar laptop dan mengeluarkan motherboardnya untuk keperluan analisa.
Pada sebuah motherboard laptop terdapat sebuah IC power jenis mosfet yang fungsinya sebagai jembatan antara sumber arus dari charger dan dari battery, jadi seolah-olah ic power ini hanya bekerja jika battery dipasang.
Nah biasanya problem diatas disebabkan karena rusaknya IC power ini, atau ic power ini tidak bekerja dengan baik lantaran ada arus yang tidak normal dibagian pemicunya. Letak IC power ini biasanya ada di dekat konektor battery, untuk lebih jelasnya silahkan lihat video dibawah ini.

Dengan mengganti IC power ini kita bisa memperbaiki masalah laptop atau netbook yang tidak bisa nyala normal ketika dipasang battery.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *