Menyambung Jalur Keyboard yang Putus

Diposting pada

Salah satu permasalahan pada sebuah keyboard laptop yang rusak adalah terputusnya jalur-jalur yang berada di dalam keyboard berupa karbon, yang menghubungkan antara satu tombol ke tombol yang lain dan ke konektor yang di tancapkan ke motherboard laptop. Terputusnya jalur ini bisa disebabkan karena umur keyboard yang memang sudah tua, atau bisa juga karena keyboard tertumpah air sehingga air meresap ke dalam bagian mika keyboard.
Sampai saat ini kita belum menemukan karbon untuk menyambung jalur keyboard yang terputus tersebut (yang dijual di pasaran), maka kita harus kreatif menggunakan konektor yang bisa digunakan untuk menyambungnya.

Download Keyboard Tester Portable

Berdasarkan pengalaman, kita bisa saja menggunakan kabel biasa untuk menyambungnya, kita bisa pilih kabel serabut yang fleksibilitasnya tinggi ( lemas ) dan ukurannya kecil, kita ambil 1 helai saja dan direkatkan pada jalur yang putus menggunakan isolatip / isolasi / seal tape plastik, kemudian untuk memperekat kita bisa panasi menggunakan heater blower dan menekannya sedemikian hingga daya rekatnya bagus, sehingga keyboard bisa lebih awet.
Alat lain yang bisa kita gunakan adalah timah. Timah atau tenol kita panasi menggunakan solder dan kita tumpahkan pada lantai keramik atau kaca ( bidang rata ) sehingga timah membentuk lempengan tipis sekali sehingga kita bisa potong sesuai dengan kebutuhan, kemudian kita tempelkan pada jalur pada mika keyboard yang telah putus menggunakan isolasi plastik, tentu saja kita panasi sedikit menggunakan heater blower untuk menjaga kerekatannya.
Atau temen2 bisa saja menggunakan alat lain untuk menyambung jalur yg putus tersebut.

One thought on “Menyambung Jalur Keyboard yang Putus

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *