Menjaga keyboard laptop agar tidak mudah rusak

Posted on

Ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan untuk menjaga keyboard laptop agar tidak mudah rusak termasuk lengket atau mencet sendiri atau beberapa tombol malah tidak berfungsi.
1. Jauhkan laptop dari udara lembab.
Udara lembab adalah musuh bebuyutan sebuah laptop, ini bisa mengakibatkan kerusakan yang bahkan fatal. Beberapa komponen tidak bisa bekerja pada suhu yang terlalu rendah dan bisa gagal bekerja jika udara lembab atau terkena air. Termasuk keyboard, akan sering terjadi short antara satu jalur dengan jalur yang lain yang memang peletakannya sangat berdekatan dan bahkan menumpuk hanya di pisahkan oleh lapisa yang sangat tipis sekali dan tidak anti air. Kelembaban udara bisa mengakibatkan jalur2 tersebut terhubung dengan tidak langsung dengan resistansi yg sangat kecil dan mengakibatkan keyboard bekerja tidak sebagaimana mestinya, kadang ketika kita menekan 1 tombol yang muncul tombol yg lain atau double tombol. Maka untuk menghindari kerusakan-kerusakan tersebut kita harus menjauhkan laptop, dan tidak menyimpan laptop pada tempat yang kelembabannya tinggi.
2. Membiarkan laptop kotor
Laptop yang kotor akan mengganggu system pendinginan yang menghandalkan sebuah kipas dan loga, pendingin. Jika system pendinginan ini terganggu maka seluruh bagian pada laptop akan terkena dampaknya termasuk keyboard yang letaknya mengkover seluruh area atas laptop. Hawa panas di area dalam laptop akan menyebabkan mika yang ada di dalam keyboard lentur, sehingga bisa saja saat di tekan mika tersebut lengket dengan lapisan mika yang lain yang memang skatnya sangat tipis sekali, tentang mika ini kita udah bahas di post terdahulu silahkan disimak kembali. Maka jangan biarkan laptop dalam kondisi kotor agar keyboardnya tidak segera rusak.
3. Jangan sampek terkena air
Air sebagaimana kita tahu akan menjadi penghantar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *