Netbook Lampu power nyala sebentar dan mati lagi

Posted on

Dalam bahasan kali ini kita akan share pengalaman tentang memperbaiki sebuah netbook Asus Eee PC yang mati, tidak bisa dinyalakan, charging normal. Ketika kita menekan tombol power maka lampu power akan menyala sebentar ( berkedip ) dan langsung mati lagi, layar LCD tidak menampilkan apa-apa.
Jika dilihat sekilas sepertinya sumber power dari laptop seperti tidak kuat ngangkat kinerja netbook tersebut kemudian mati lagi. Atau seperti terdapat jalur yang resistansinya terlalu rendah sehingga arus yang melewati unit switching terlalu tinggi dan menyebabkan ic power sebagai komponen utama dari switching unit melakukan proteksi dengan memutus sumber arus, netbookpun mati lagi, demikian seterusnya.

Nah dari kesimpulan secara teori diatas maka kita bisa melakukan check untuk memastikan sumber kerusakan pada netbook tersebut.
Langkah-langkahnya bisa dilihat pada video tutorial dibawah ini.

Seperti pada video diatas bahwa penyebab netbook eee pc tersebut tidak bisa dinyalakan adalah sebuah kapasitor yang sudah rusak. Kerusakan kapasitor ini bisa dicek menggunakan multitester. Kapasitor yang normal, jika di cek menggunakan multitester, jarum akan bergerak menunjukkan nilai tertentu (sesuai ukuran kapasitor) kemudian kembali lagi ke posisi semula. Jika jarum multitester menunjukkan angka 0 ohm atau mentok ke kanan maka kapasitor telah short atau konslet dan rusak. Jika jarum multitester menunjukkan nilai tertentu dan tidak kembali ke posisi semula, maka kapasitor ini juga telah rusak.

Atau saksikan video perbaikan laptop di youtube melalui link berikut :

Atau untuk lebih mudah kita menentukan kondisi kapasitor kita bisa gunakan alat pengecek kapasitor yang digital.
Dengan mengganti kapasitor tersebut maka netbook Eee PC yang nyala sebentar indikatornya saja tersebut bisa dinyalakan kembali dengan normal.

25 thoughts on “Netbook Lampu power nyala sebentar dan mati lagi

  1. hai gan ane salah satu pengikut setia web ini, kemarin ane kira di blokir tapi alhamdulillah skrg normal lagi, btw ane mau nanya gan ane kan punya asus trouble persis seperti di atas, di nyalain bentar kedip aja langsung mati lagi, ane ikutin step2 di atas, capasitor nya ane cek semua tapi yg bikin ane bingung semua waktu ane cek pakai multitester analog langsung jarumnya mentok ke kanan, hampir semua capasitor, ane coba mobo lain juga sama, apa multitester ane yg rusak apa gmna? baru beli juga gan, tapi kalo buat mengukur tegangan g ada masalah, normal2 aja. minta pencerahanya yah gan

  2. wahh, thanks kesetiaannya, semoga ga ada wanita lain…
    Kalo ngukur kapasitor pada mentok langsung saja di lepas dulu dari mainboard mas, semua yang mencurigakan langsung aja dilepas, baru setelah dilepas di cek ulang.

  3. tapi yg jadi masalah gan hampir semua capasitor nya di ukur mentok ke kanan trus, apa multimeter analog q yg rusak yah gan, btw di mobo lain aq test juga sama,

  4. kalau saya mau nanya, laptop asus saya tidak bisa nyala lcdnya.
    Ketika saya tekan power on , lampu indikator nyala , tapi lcd tidak nyala dan booting , lalu selang 20 detik , kipas laptop menyala dan sangat ribut. kemudian saya force shutdown dengan tekan tombol power tapi cukup tekan lalu lepas udh cukup padahal biasanya force shutdown butuh tekan power lama baru lepas.
    Nah lalu saya tanpa sengaja klik tombol power on lagi tapi sangat lama hingga membuat lampu indikator sampai laptop mati lagi. baru saya tekan tombol power malah laptopnya bisa nyala.

    Kira-kira kerusakannya dimana ya? pada mainboardnya? icnya?

  5. Saya memiliki Kasus seperti ini, penyebabnya adalah ketika saya memasukkan mmc adapter ke laptop, saat itu juga laptop mati. Kemudian saya buka dan cek di bagian masuk adpternya ada 3 kawat (mungkin saluran ygmemempel di tembaga adapter) bengkong. Dan saya coba nyalakan lagi cuma nyala led sebentar dan lauar tetap mati.
    Kira' komponen apa saja yg perlu diperbaiki dlm kasus seperti ini?
    Terimakasih

  6. saya baru saja servis laptop saya di asus servis center resmi. nah katanya mereka telah mengganti baru batterai dan mesin. Nah saya lupa nanya, sebenernya ganti mesin tuh ganti apanya ya? apakah motherboard atau yg lain. nah setelah servis itu gejala ini mulai muncul dan kadang setelah di power on malah hidup lalu mati lagi. lalu setelah tombol power ditekan lama lalu ditekan lagi sudah bisa dan setelah5 hari ga ada masalah lagi. tapi saya takut apakah tidak apa-apa kalau dibiarkan saja?

  7. Halo,

    Mau tanya. Laptopku toshiba satellite p745. Sekarang lagi ada issue yg sangat mengganggu. Laptop ketika dipakai buat pekerjaan berat seperti Photoshop dan game, power terputus atau sebentar mati sebentar nyambung lagi. Sama permasalahannya ketika pake batre atau dilepas. Kira2 yang rusak apanya ya? dan biayanya kisaran berapa?

    Terimakasih 🙂

  8. Mantap gan videonya. Ane mau tanya: merk dan kerusakan sama persis,kira klo beli KAPASITOR NYA brapa harganya+tipenya??? Makasih gan.

  9. mas, notebookku asus x200m awalnya batrainya bocor, setelah ganti batre kira2 1 minggu setelah itu pas di pake tiba2 Mati total dan di charger Nggak ada tanda mengisi, pas di copot batrainya dan dihidupkan lampu powersupply nya nyala, tapi setelah beberapa detik mati total. itu Knp yaa mas?

  10. gan mohon solusinya ,,, masalah acer 4750z sama seperti diatas gan,,,saya colok ke adaptor dengan batre terpasang, lampu indikator power hidup cuma satu detik,,,tapi lampu indikator charger normal ga kedip,,,, dan saya raba ,,, ada panas dibagian komponen kecil kecil,,saya lihat angka dan huruf nya panas nya di komponen C**** dan R*** saya cari skemanya dan mencocokan kodenya ,,, ternyada ada di bagian pwr_regulator,,, saya kurang mengerti ,,,, tapi bisa kasi solusi ga kira kira bagian mana yg short nya dari masalah ini??

  11. gan mohon bantuan nya ya! laptop ane seperti postingan agan sudah aye bawak ke tukang servis laptop namun tidak bisa diperbaiki gan , laptop saya hidup kan trus laptop hidup windows tampil tidak lama kemudian laptop mati lagi dan ngulah lg seperti bila dihidupkan mati lg gan, kadang kadang mw hidup dia gan mohon solusi nya gan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *