Netbook Lampu power nyala sebentar dan mati lagi

Dalam bahasan kali ini kita akan share pengalaman tentang memperbaiki sebuah netbook Asus Eee PC yang mati, tidak bisa dinyalakan, charging normal. Ketika kita menekan tombol power maka lampu power akan menyala sebentar ( berkedip ) dan langsung mati lagi, layar LCD tidak menampilkan apa-apa.
Jika dilihat sekilas sepertinya sumber power dari laptop seperti tidak kuat ngangkat kinerja netbook tersebut kemudian mati lagi. Atau seperti terdapat jalur yang resistansinya terlalu rendah sehingga arus yang melewati unit switching terlalu tinggi dan menyebabkan ic power sebagai komponen utama dari switching unit melakukan proteksi dengan memutus sumber arus, netbookpun mati lagi, demikian seterusnya.
Nah dari kesimpulan secara teori diatas maka kita bisa melakukan check untuk memastikan sumber kerusakan pada netbook tersebut.
Langkah-langkahnya bisa dilihat pada video tutorial dibawah ini.

Seperti pada video diatas bahwa penyebab netbook eee pc tersebut tidak bisa dinyalakan adalah sebuah kapasitor yang sudah rusak. Kerusakan kapasitor ini bisa dicek menggunakan multitester. Kapasitor yang normal, jika di cek menggunakan multitester, jarum akan bergerak menunjukkan nilai tertentu (sesuai ukuran kapasitor) kemudian kembali lagi ke posisi semula. Jika jarum multitester menunjukkan angka 0 ohm atau mentok ke kanan maka kapasitor telah short atau konslet dan rusak. Jika jarum multitester menunjukkan nilai tertentu dan tidak kembali ke posisi semula, maka kapasitor ini juga telah rusak.
Atau untuk lebih mudah kita menentukan kondisi kapasitor kita bisa gunakan alat pengecek kapasitor yang digital.
Dengan mengganti kapasitor tersebut maka netbook Eee PC yang nyala sebentar indikatornya saja tersebut bisa dinyalakan kembali dengan normal.

8 Responses to "Netbook Lampu power nyala sebentar dan mati lagi"

  1. hai gan ane salah satu pengikut setia web ini, kemarin ane kira di blokir tapi alhamdulillah skrg normal lagi, btw ane mau nanya gan ane kan punya asus trouble persis seperti di atas, di nyalain bentar kedip aja langsung mati lagi, ane ikutin step2 di atas, capasitor nya ane cek semua tapi yg bikin ane bingung semua waktu ane cek pakai multitester analog langsung jarumnya mentok ke kanan, hampir semua capasitor, ane coba mobo lain juga sama, apa multitester ane yg rusak apa gmna? baru beli juga gan, tapi kalo buat mengukur tegangan g ada masalah, normal2 aja. minta pencerahanya yah gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. wahh, thanks kesetiaannya, semoga ga ada wanita lain...
      Kalo ngukur kapasitor pada mentok langsung saja di lepas dulu dari mainboard mas, semua yang mencurigakan langsung aja dilepas, baru setelah dilepas di cek ulang.

      Hapus
  2. tapi yg jadi masalah gan hampir semua capasitor nya di ukur mentok ke kanan trus, apa multimeter analog q yg rusak yah gan, btw di mobo lain aq test juga sama,

    BalasHapus
  3. kira" biaya untuk kerusakan diatas berapa ya gan ?

    BalasHapus
  4. Masalah saya sama seperti diatas tapi bedanya notebook saya sebelumnya baterainya habis apa itu yg rusak charger atau laptopnya. Dan sebelum hal itu terjadi chargernya memang agak rusak

    BalasHapus

Jika komentar anda tidak muncul silahkan tulis komentar pada posting yang lain, yang belum terlalu banyak jumlah komentarnya