Tentang IC Charger Laptop

Posted on

Jika sebuah laptop gagal charging, maka salah satu bagian yang perlu kita curigai adalah ic charger yang terdapat pada motherboard laptop tersebut. IC ini bekerja sebagai pengatur proses charging pada sebuah laptop, sebagai reader level battery, sebagai penentu kapan proses charging berhenti saat full dan kapan battery empty, sebagai pemicu masuk nya sumber tegangan ke battery sehingga battery akan terisi saat charger di tancapkan, sebagai kontrol selektor saat laptop hanya menggunakan charger saja atau menggunakan battery saja.

ilustrasi

Model ic charger bermacam-macam, dan disini kita akan membahas sebagian saja.
1. BQ24751
Ini adalah ic charger dengan range voltage regulator 5 – 24 V dan mampu melakukan charging dengan maksimal arus 10A, kira2 mampu mengisi 4 cell serial battery. Jika kamu sedang melakukan check terhadap laptop yang menggunakan ic charger jenis ini perlu kamu ketahui titik-titik penting pada masing-masing kakinya. Ground terdapat pada kaki nomor 22, Kaki yang terhubung dengan sumber tegangan ( charger ) ada pada nomor 28, dan kaki yang terhubung dengan beban umum ada pada nomor 2, dan kaki nomor 17 sebagai output kontrol ke battery.
Dengan mengatahui beberapa jalur penting pada kaki ic tersebut kita akan lebih mudah menentukan kondisi ic charger pada laptop yang sedang di analisa.
2. 39A126
Ground pada ic ini terdapat pada kaki nomor 23, Kaki nomor 21 terhubung ke beban, dalam hal ini Vin pada motherboard, kemudian kaki nomor 20 adalah tegangan out yang terhubung ke battery tentunya melalui ic power (biasanya berupa mosfet), kaki yang terhubung ke sumber tegangan (charger) adalah nomor 24. Ic charger jenis ini biasanya digunakan pada laptop type agak lama.

Tonton Video Service di Channel Kami : Channel Service

Dengan mengetahui bahasan ini semoga kita lebih mengetahui seluk beluk ic charger sehingga lebih mudah melakukan analisa pada laptop yang proses chargingnya bermasalah.

One thought on “Tentang IC Charger Laptop

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *