Bagaimana Nasib Data pada Laptop Rusak

Diposting pada

Ini adalah pertanyaan yang ternyata masih sering muncul pada sebagian besar pemilik laptop, yang tiba-tiba terjadi kerusakan parah pada laptopnya, misalnya mati total atau tidak bisa charging, atau nge-blank dll.
Tentu saja buat yang sudah faham hafal banget jawaban tepat dari pertanyaan ini, namun perlu di jelaskan juga agar user laptop yang belum mengerti bisa tahu jawabannya.
Yang jelas, anda tidak perlu kawatir terhadap data-data yang anda simpan di dalam laptop yang rusak tersebut. Semua soft data yang disimpan pada laptop dikumpulkan pada sebuah driver yang kita kenal dengan sebutan hardisk atau hard drive. Laptop yang mati total misalnya, kerusakan umumnya terjadi pada komponen yang nempel langsung di motherboard, dan tidak mempengaruhi kondisi hardisk. Demikian juga pada laptop yang nge-blank atau tidak bisa charging
Jadi data yang ada di dalam hardisk tersebut masih bisa kita ambil untuk keperluan lebih lanjut walaupun laptopnya mati, tentu saja menggunakan perangkat komputer lain. Biasanya langkah ini membutuhkan konverter untuk memudahkan akses terhadap hardisk tersebut, namun pada komputer desktop bisa saja dimasukkan pada slot slave sehingga semua data bisa diambil dengan mudah.

hardisk laptop

hardisk usb konverter

Anda perlu cemas jika kerusakan pada laptop anda sebagai berikut :
1. Laptop tiba-tiba sering macet (hang) dan keluar bunyi ngik-ngik terus menerus
2. Saat laptop baru dinyalakan tidak segera masuk ke windows dan terdengar bunyi krek-krek terus menerus.
3. Laptop nyala normal namun saat buka drive ( C, D, E dst ) loadingnya lama sekali
4. Muncul warning bahwa hardisk akan segera rusak
Jika terdapat tanda-tanda seperti diatas maka segera saja amankan semua data-data penting pada laptop anda sebelum menyesal.

2 thoughts on “Bagaimana Nasib Data pada Laptop Rusak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *