Fan Processor Laptop Muter Terus

Diposting pada

Apa yang terjadi jika fan processor atau kipas prosesor pada sebuah laptop muter terus, maka pasti battery laptop akan sangat boros dan suara bising kipas akan mengganggu kenyamanan kita dalam berbisnis atau menikmati hiburan dari sebuah laptop.
Sebagaimana kita telah tahu pada kondisi normal kipas prosesor pada sebuah laptop hanya akan menyala atau muter saat suhu prosesor dan atau chipset VGA mencapai titik panas tertentu sesuai dengan setting dari pembuatnya. Dan saat suhu telah turun maka kipas akan berhenti secara otomatis.
Kemudian apa yang terjadi jika kipas seolah-olah menyala terus menerus? Jawabannya bisa banyak kemungkinan namun secara umum ada dua kemungkinan yaitu terjadi overheat pada prosesor atai chipset VGA atau kerusakan pada kontrol kipas sendiri.
Nah kemungkinan-kemungkinan action yang bisa kita lakukan adalah sebagai berikut :
1. Cek kondisi heatsink, jika kotor bersihkan, untuk melakukan action ini kita harus memisahkan antara kipas prosesor dan heatsink maka kotoran yang menyumbat sirip-sirip heatsink akan terlihat.
2. Bersihkan pin atau kaki-kaki prosesor dengan hati-hati.
3. Telusuri komponen (IC) yang mengontrol putaran kipas, pastikan tidak rusak arau terbakar dan jangan lewatkan untuk cek sebuha deoda yang terletak di dekat jek kipas.

Masalah ini akan menyebabkan laptop boros battery maka alangkah baiknya jika kita segera menemukan sumber permasalahannya sehingga kipas laptop bisa menyala hanya jika suhu tinggi saja sebagaimana laptop pada kondisi normal, semoga bermanfaat.

4 thoughts on “Fan Processor Laptop Muter Terus

  1. bang sya mau tanya. laptop acer 4738 saya pas waktu d colokin charger tanpa batarai kipasnya langsung muter kencang padahal blm d tekan power. kira” apanya yah? mhon bantuannya. thanks.

      1. laptop saya kipasnya gitu juga, bahkan pernah tiba-tiba nyala padahal udah dimatiin. kalau saya lepas baterai juga lalu dipasangkan kembali baterainya kipasnya langsung nyala. kalau saya nyalakan normal lagi suara kipasnya. tapi kipas jadi ga bisa mati walau sudah di shutdown.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *