Harus Segera Dilakukan Saat Laptop Macet

Diposting pada

Pada bahasan terdahulu kita sudah membahas apa yang tidak boleh dilakukan saat laptop macet keyboard dan mouse tidak berfungsi sama sekali. Kesalahan yang kita lakukan akan berakibat pada kondisi hardisk dan komponen sensitif lainnya, bahkan bisa berakibat fatal.
Nah disini kita akan share tentang apa yang harus segera dilakukan saat laptop macet, keyboard dan mouse juga tidak berfungsi atau orang bilang hang.
Langkah ini dilakukan dengan tujuan agar laptop tidak bertambah rusak, kerusakan bisa segera ditemukan dan tidak bertambah. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut.
1. Jika memang terbukti bahwa laptop hang, maka segera matikan dengan menekan tombol power dan menahannya sampai laptop benar-benar mati ditandai dengan matinya semua lampu indikator.
2. Kemudian cabut jek charger
3. Lepas battery laptop
4. Diamkan laptop sampai suhu body-nya turun atau agak dingin.
5. Setelah laptop dingin nyalakan kembali hanya menggunakan charger saja, tanpa battery, hal ini dilakukan untuk menghindari gagalnya kinerja ic charger karena sebelumnya laptop dimatikan secara paksa.
6. Setelah dirasa laptop kembali normal matikan lagi dan pasang lagi batterynya, namun jika ada waktu lebih baik dicheck dulu kondisi laptop secara visual saja barangkali pendinginnya kotor dan perlu untuk dibersihkan atau bahkan kipas processornya macet.
7. Jika laptop sudah tidak bisa lagi dinyalakan maka perlu analisa di bagiam motherboard, silahkan bawa ke teknisi terpercaya, atau jika memungkinkan silahkan analysa sendiri, kita juga sudah membahas caranya di bahasan terdahulu.
Semoga dengan langkah-langkah tersebut diatas laptop tidak bertambah rusak dan bisa segera pulih tanpa ada kerusakan yang berarti.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *