Ketika USB Port Laptop Tidak Berfungsi

Diposting pada

Apa yang seharusnya kita lakukan ketika mendapati port USB pada laptop kita tidak berfungsi, ketika di tancepi flashdisk normal tidak mau mendeteksi sama sekali, Bahkan kadang muncul pesan Unrecognized.
Kita perlu melakukan langkah-langkah untuk mendeteksi atau memastikan penyebab dari tidak berfungsinya port USB ini.

Ketika USB Port Laptop Tidak Berfungsi

Ada tiga kelompok langkah yang kita jabarkan dibawah ini, yaitu : menentukan yang rusak portnya, drivernya, atau readernya. Silahkan diikuti secara berurutan langkah-langkah taktis dibawah ini :
1. Lakukan langkah test secara visual, perhatikan lubang USB apakan terdapat benda asing, atau apakah salah satu kaki nya ada yang tidak berada pada posisi yang seharusnya, atau terdapat kerak yang parah pada kaki-kakinya, atau bahkan port USB ini kendor. Jika iya, berarti kerusakan terdapat pada USB port saja, namun jika semuanya dalam kondisi OK maka port USB normal, dan lanjutkan ke langkah berikut.
2. Matikan laptop dan tancapkan portable DVD dan masukkan bootable DVD ( CD windows dll. ) kemudian nyalakan laptop untuk memastikan USB bekerja sebelum masuk ke operating system. Langkah ini bukan untuk meng-install ulang lapotp tapi hanya memastikan apakan port USB masih bekerja di luar system. Kita bisa gunakan CD masternya windows atau cd bootable lain, hierens juga bisa. Yang jelas tujuannya adalah untuk melihat port USB bekerja atau tidak. Jika bisa bekerja dengan normal berarti kerusakan terdapat pada driver, mungkin terjadi corrupt pada komponen driver USB. Namun jika tetap saja tidak bisa mendeteksi, maka lakukan langkah berikut.
3. Bungkar laptop dan cek solder-an dari kaki-kaki port USB, jika masih bagus, silahkan coba untuk memanasi ulang chipset i/o menggunakan heater blower. Tujuannya adalah jika terdapat gangguan konektivitas pada kaki-kaki chipset yang terhubung secara langsung ke port USB maka ini diharapkan akan merekat kembali. Chipset i/o adalah reader USB port. Biasanya dengan memanasi chipset ini bisa memperbaiki kerusakan USB port pada laptop.

2 thoughts on “Ketika USB Port Laptop Tidak Berfungsi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *