Lakukan Saat Laptop Macet Mouse Tidak Fungsi

Posted on

Apa yang harus kita lakukan ketika menggunakan laptop tiba-tiba macet, keyboard dan mouse tidak berfungsi sama sekali? Kejadian ini biasa kita sebut hang atau jammed. Terjadi biasanya pada laptop yang overheat atau RAMnya tidak bekerja dengan baik, atau pada laptop yang hardisknya sudah setengah rusak.
Dalam posting ini kita akan membahas tentang apa yang tidak boleh dilakukan saat laptop macet  seperti diatas.
1. Jangan mencabut atau melepas battery selagi laptop masih nyala walaupun macet dengan maksud untuk mematikan laptop kecuali sangat terpaksa.
2. Jika laptop hanya menggunakan charger, tanpa battery, usahakan jangan mencabut charger sebelum laptop mati kecuali sangat terpaksa.
3. Jangan biarkan laptop dalam kondisi seperti tersebut ( macet ) dalam waktu yang lama.
4. Jangan menutup laptop yang masih menyala walaupun macet (belum mati).
Nah, hal-hal diatas adalah apa yang tidak boleh kita lakukan ketika laptop sedang macet atau hang atau jammed, kenapa? Karena 4 hal diatas akan menyebabkan laptop semakin rusak parah. Beberapa efek kerusakan jika kita nekat melakukan action diatas diantaranya :
1. Hardisk lebih cepat rusak, karena dimatikan dengan paksa saat piringannya masih muter kenceng.
2. Terdapat capasitor mikro ( SMD atau tantalum capacitor ) pada zona power yang tentu saja tidak terlalu kuat jika terjadi pembuangan muatan secara super cepat saat sumber power laptop di hilangkan secara paksa, dan capasitor-pun bisa saja langsung short yang mengakibatkan laptop malah mati total.

Lakukan Saat Laptop Macet Mouse Tidak Fungsi

3. Jika laptop yang hang dibiarkan begitu saja, maka akan terjadi overheat, dan kita tahu bahwa overheat akan menyebabkan banyak sekali masalah pada laptop, dan jika chipset sudah mati karena overheat maka masalah akan menjadi sangat besar.
Lalu bagaimana solusinya jika laptop benar-benar macet dan tidak ada perkembangan apapun walaupun ditunggu beberapa saat? Jawabannya adalah lakukan restart atau matikan laptop, caranya adalah :
1. Restart laptop. Gunakan kombinasi tombol Ctrl, Alt dan Delete pada keybaord untuk me-restart laptop. Tekan dan tahan tombol Ctrl dan Alt, tahan terus, dan tekan tombol Delete berkali-kali sampai terlihat proses restart pada laptop.
2. Jika restart tidak berhasil maka matikan laptop dengan cara menekan tombol Power. Tekan tombol power dan tahan terus, jangan dilepaskan sebelum laptop benar-benar mati.
3. Jika laptop tidak bisa mati dengan cara 2 diatas, maka inilah yang kami sebut kondisi terpaksa, maka mau tidak mau kita harus melepas charger dan baterai untuk mematikan laptop, namun ini tidak boleh sering-sering dilakukan demi keselamatan laptop kamu.
Setelah laptop mati, biarkan agar suhu laptop turun kemudian lakukan analisa lebih lanjut untuk menemukan sumber maslaah yang menyebabkan laptop macet sehingga keyboard dan mouse tidak berfungsi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *